Skripsi
PENGARUH MEDIA INFOKUS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUDHU’ DI SMP NEGERI 3 MEURAH MULIA
XMLABSTRAK
Berwudhu merupakan salah satu syarat sah shalat yang sebanding dengan
tayamum, oleh karena itu membiasakan berwudhu sejak kecil sangatlah
dianjurkan untuk membentuk kebiasaan anak dalam berwudhu dengan benar,
terlebih lagi anak tersebut bukan dari lingkungan keluarga yang biasa melakukan
shalat dengan cara berwudhu yang benar, dengan demikian peran guru dalam
mengajar anak untuk bisa berwudhu dengan benar sangatlah penting selain
membiasakan cara berwudhu yang benar juga untuk meningkatkan hasil belajar
anak, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran seperti model
pembelajaran Picture and Picture. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: adakah Pengaruh Media Infokus dengan Model Pembelajaran
Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wudhu’ di SMP
Negeri 3 Meurah Mulia?. Berdasarkan rumusan masalah, maka terlihat akan
tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui Pengaruh Media Infokus dengan Model
Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Wudhu’ di SMP Negeri 3 Meurah Mulia?. Adapun untuk metode penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP
N 3 Meurah Mulia tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 62 siswa, yang terdiri
dari 3 kelas parallel yaitu VII , VII2 dan VII , Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah simple random sampling, maka yang menjadi sampel adalah
kelas VII sebagai kelas eksperimen, yang terdiri dari 20 siswa dan kelas VII
sebagai kelas kontrol, dimana siswanya sebanyak 21 orang. Untuk metode
pengumpulan data penulis menggunakan tes berbentuk pilihan ganda yang
bejumlah 25 soal. Dari hasil penelitian maka ditemukan bahwa rata-rata dari kelas
eksperimen 1 x
=
70,500 dan S1 = 17,644 sedangkan untuk kelas kontrol 2 x
=
55,167 dan S2 = 19,963. Demikian juga pada pengujian hipotesis diperoleh harga
thitung = 2,596 dan ttabel= 1,684. maka tolak H0 karena thitung > tabel t yaitu 2,596 >
1,684 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Media Infokus
dengan model pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Materi Wudhu’ di SMP Negeri 3 Meurah Mulia.
Detail Information
Penulis |
IDAYANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108166 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|