Skripsi
PERAN IBU DALAM PEMBINAAN TATACARA BERWUDHU ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Penelitian di Gampong Alue Leuhob Kecamatan Cot Girek Kabupaten Aceh Utara )
XMLABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Peran Ibu dalam Pembinaan Tatacara Berwudhu Anak
Usia Sekolah Dasar”. Penelitian dilakukan di Patok Satu Gampong Alue Leuhob
Kecamatan Cot Girek Kabupaten Aceh Utara. Latar belakang dilakukan penelitian
ialah kurangnya pemahaman anak usia Sekolah Dasar di Patok Satu Gampong
Alue Leuhob mengenai tatacara berwudhu serta terbatasnya waktu yang para ibu
miliki untuk mengajari anak tatacara berwudhu. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui peran ibu dalam pembinaan tatacara berwudhu serta mengetahui
kendala-kendala yang dihadapi para ibu dalam melakukan pembinaan tatacara
berwudhu anak usia Sekolah Dasar di patok satu Gampong Alue Leuhob. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini adalah para ibu yang memiliki anak usia Sekolah Dasar di Patok Satu
Gampong Alue Leuhob, dan juga anak usia Sekolah Dasar yang tinggal di Patok
Satu Gampong Alue Leuhob. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi,
wawancara serta dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini, ibu-ibu di Patok Satu
Gampong Alue Leuhob cukup berperan dalam pembinaan tatacara berwudhu anak
usia Sekolah Dasar. Peran para ibu meliputi mengajari anak berwudhu,
menemani, mengawasi, ibu meminta anak mempraktikkan cara berwudhu, serta
ibu memperbaiki kesalahan anak saat salah dalam berwudhu. Namun untuk anakanak
yang sudah dirasa mampu berwudhu sendiri maka ibu tidak lagi menemani
dan mengawasi saat anak berwudhu. Para ibu juga menggunakan metode yang
berbeda-beda dalam mengajarkan anaknya tatacara berwudhu. Pemilihan waktu
saat akan mengajari anak berwudhu juga berbeda setiap ibu, ada yang mengajari
saat anak pulang sekolah dan juga ada yang mengajari setiap anak akan
melakukan shalat. Adapun kendala yang dihadapi para ibu dalam pembinaan
tatacara berwudhu anak usia Sekolah Dasar di Patok Satu Gampong Alue Leuhob
adalah daya ingat anak yang belum bisa menangkap sepenuhnya apa yang
diajarkan oleh ibu, kesibukan ibu mengerjakan tugas lain dan kurang pedulinya
anak dalam belajar tatacara berwudhu. Agar anak yang sulit mengingat mampu
berwudhu dengan benar maka para ibu terus mengulang-ulang yang diajarkan.
Ibu-ibu yang memiliki kesibukan mengerjakan tugas lain senantiasa mencari
waktu luang untuk melakukan pembinaan tatacara berwudhu, seperti pada waktu
magrib dan isya, dimana pada waktu tersebut ibu-ibu telah selesai mengerjakan
tugas lain.
Detail Information
Penulis |
SHANIA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108138 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : ., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|