UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN MENANAMKAN SIFAT JUJUR MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN MENANAMKAN SIFAT JUJUR MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Nurhayati.2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI dengan Mananamkan
Sifat Jujur Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Kelompok A di
TK Kemala Bhayangkari Lhokseumawe. Skripsi Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, IAIN Lhokseumawe. Pembimbing: (1) Dr.
Almuhajir, S.Ag.,MA, (2) Saiful Bahri, MA
Penelitian ini membahas tentang penanaman sifat jujur melalui metode cerita
bergambar sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa
kelompok A di TK Kemala Bhayangkari Lhokseumawe. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh hasil belajar PAI siswa yang masih rendah, sehingga perlu
dilakukan upaya perbaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar PAI dengan mananamkan sifat jujur
melalui metode cerita bergambar pada kelompok A di TK Kemala Bhayangkari
Lhokseumawe.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi
dan mengadakan refleksi serta dilaksanakan dalam 1siklus. Subjek penelitian ini
adalah anak-anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari Lhokseumawe yang
berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penanaman
sifat jujur melalui metode cerita bergambar, hal ini dapat dilihat berdasarkan data
penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar dari pra siklus, yang ratarata
37,8 % meningkat pada Siklus I Pertemuan satu sebesar 49,25 % dan
meningkat pada Siklus I Pertemuan Kedua sebesar 79, 25 %. Menurut analisa di
atas maka hasil dari penelitian dengan menggunakan metode cerita bergambar
sudah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan
agama Islam melalui penanaman sifat jujur pada kelompok A di TK Kemala
Bhayangkari Lhokseumawe.Dimana siswa juga sudah dapat meningkatkan
kemampuannya dalam membedakan perbuatan jujur dan tidak jujur.


Detail Information

Penulis
NURHAYATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108604
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail