Skripsi
PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI KELAS B TKS AL-MUSLEM COTMATAHE ACEH UTARA
XMLABSTRAK
Aina Maryuni, 2018 Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Bercerita di
Kelas B TKS Al-Muslem Cotmatahe Aceh Utara. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Lhoksemawe. Pembimbing (1) Novi Diana,
M.Pd. Pembimbing (2) Mutia Sari, M.Pd
Kemandirian anak belum berkembang secara optimal, karena kurangnya
perhatian dalam perkembangan kemandirian anak sehingga anak belum dapat
menyelesaikan tugasnya sendiri melainkan masih membutuhkan bantuan dari
guru, merapikan alat permainan sendiri, mengikat sepatu sendiri dan merapikan
kotak nasi setelah selesai makan. Kemandirian sangat penting bagi anak usia dini,
karena akan menjadi bekal bagi anak ketika dewasa nanti. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemandirian anak melalui Metode Bercerita di kelas B TKS
Al-Muslem Cotmatahe Aceh Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas Kolaboratif dengan guru yang dilaksanakan dalam II siklus, subjek
penelitian ini adalah anak-anak kelas B TKS Al-Muslem Cotmatahe Aceh Utara
yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemandirian dikatakan berhasil apabila
presentase kemandirian anak mencapai 75-80% dengan kriteria Berkembang
Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian kemandirian pratindakan dengan rata-rata
presentase sebesar 21% (BSH). Hasil penelitian kemandirian melalui Metode
Bercerita pada siklus I dengan nilai rata-rata presentase 65%. Setelah dilakukan
tindakan pada siklus I berhasil meningkatkan kemandirian anak, tetapi belum
mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil
penelitian siklus II pencapaian kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan
nilai rata-rata sebesar 78%. Berdasarkan hasil peningkatan ini diperoleh dari
peningkatan kemandirian melalui Metode Bercerita dalam kegiatan praktek
langsung setelah mendengar cerita dengan sesuai dalam isi cerita.
Detail Information
Penulis |
AINA MARYUNI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132507848 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|