Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI METODE BERMAIN KARTU PADA KELOMPOK B1 DI TK RAUDHATUN NISAQ KOTA LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Hasil belajar pada kemampuan anak dalam mengenal huruf belum berkembang
secara optimal, anak belum mengenal semua huruf-huruf, nilai yang diperoleh
masih di bawah standar ketuntasan, guru dalam pelajaran mendominasi pada
ranah kognitif sehingga anak mengalami kecenderungan malas. Aspek efektif
serta antusias anak dalam mengikuti pembelajaran PIAUD kurang berminat, anak
lebih banyak bergurau, tidak serius, kurangnya perhatian dan bahkan bermain
sendiri sehingga tidak adanya stimulus respon ketika pelajaran berlangsung di
kelas dan masih perlu peningkatan, anak-anak masih kurang berani dalam
bersikap terpuji baik di dalam kelas maupun di luar kelas sehingga apa yang
dilakukan anak tidak jelas dan mantap. Hal ini disebabkan oleh Metode yang
dipilih dan digunakan oleh guru belum mampu untuk menarik minat anak dalam
meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad. Berdasarkan permasalahan ini
peneliti melakukan penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan Mengenal
Huruf Melalui Metode Bermain Kartu Pada Kelompok BI di TK Raudhatun Nisaq
Kota Lhokseumawe” karena menghadapi masalah tentang nilai kognitif pada
peserta didik di TK Raudhatun Nisaq Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan atau pengaruh terhadap media kartu
pada peningkatan kemampuan mengenal huruf di TK Raudhatun Nisaq Kota
Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak
dalam mengenal huruf bagi anak. Pengambilan data dilakukan dengan
pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, Media kartu efektif
digunakan pada peningkatan kemampuan mengenal huruf anak dalam mengenal
huruf di TK Raudhatun Nisaq. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan
motivasi dan keaktifan peserta didik terlihat pada, perhatian, ketertarikan, rasa
ingin tahu, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas,
kemauan bertanya dan mengemukakan pendapat, yaitu, hasil asessmen/penilaian
terhadap kemampuan anak usia dini pada siklus I setelah diberikan tindakan
melalui metode bermain kartu diperoleh persentase 66,67 %, dan pada siklus II
rata-rata persentase pada materi pengenalan huruf abjad 86,67 % berkembang
sangat baik sehingga mengalami peningkatan sebesar 86,67% dalam kemampuan
mengenal huruf abjad melalui metode bermain kartu.
Detail Information
Penulis |
YANTI AFRIANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509229 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|