Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK MELALUI MEDIA BALOK BERWARNA PADA PAUD SALRATIRONA KOTA LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Nurhabibah. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada
Anak Melalui Media Balok Berwarna Pada PAUD Salratirona.
Pembimbing: (1) Said Alwi, S.Pd.I., MA, (2) Elfiadi, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui peningkatan Kemampuan
Mengenal Warna Anak Melalui Media Balok Berwarna di PAUD Salratirona
Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah TK Al-Azhar Kota
Lhokseumawe sebanyak 18 orang anak. Subjek penelitian ini adalah 15 anak usia
3-4 tahun di PAUD Salratirona. Objek penelitian ini yaitu kemampuan mengenal
warna. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi yang
dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung melalui lembar observasi.
Penelitian dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat
tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Secara
keseluruhan hasil penelitian dengan penerapan mendeskripsikan peningkatan
kemampuan mengenal warna melalui media balok berwarna menunjukkan bahwa
anak mengalami perubahan yaitu pada hasil tes akhir siklus I yaitu sebesar
54,17% dan siklus II jumlah persentase ketuntasan adalah sebesar 81,11%,
karena persentase yang diperoleh lebih besar daripada standar yang ditetapkan
maka diputuskan bahwa siklus II telah berhasil dan tidak perlu dilanjutkan ke
siklus berikutnya. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Anak Melalui Media Balok
Berwarna di PAUD Salratirona Kota Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
NURHABIBAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509217 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|