PENDEKATAN FUNGSIONAL PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK PADA TAMAN PENGAJIAN AL- QUR’AN DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM TERPADU AN NAHLA PANGGOI

Record Detail

Skripsi

PENDEKATAN FUNGSIONAL PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK PADA TAMAN PENGAJIAN AL- QUR’AN DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM TERPADU AN NAHLA PANGGOI

XML

Pembelajaran Agama Islam merupakan bimbingan mendidik peserta
untuk menjadi pribadi muslim yang tangguh dan mampu merealisasikan ajaran
pendidikan Agama Islam dalam kehidupan sehari- hari, sehingga menjadi insan
kamil. Pada dasarnya penanaman Agama pada anak sangatlah berpengaruh dalam
tatanan kehidupannya pada masa depan kelak. Karena ilmu Agama yang sudah
ada dalam jiwa seorang anak, akan terus membimbing kemana pun anak tersebut
berjalan. Maka untuk itu, penanaman agama pada anak akan membantu perbaikan
akhlak dalam jati diri peserta didik tersebut. Kemauan yang tinggi akan
menghasilkan sebuah pola pikir yang positif dan tidak adanya perasaan terbebani
oleh apapun dalam melakukan sesuatu, tanpa ada pemikiran terpaksa bahkan
karena adanya sesuatu hal. Untuk itu, guru harus terus menerus memberikan
motivasi kepada peserta didik guna membangun motivasi belajar. Karena hanya
dengan kemauan belajar proses belajar mengajar didalam kelas akan berjalan
dengan mudah, sesuai dengan apa yang ingin dicapai oleh seorang guru. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pendekatan fungsional pembelajaran
Agama Islam dalam memotivasi belajar anak pada Taman Pengajian Al- Qur’an
di Yayasan Pendidikan Islam Terpadu An- Nahla di Panggoi. Adapun metode
dalam penelitin ini yaitu dengan teknik pengumpulan data. Dengan cara
melakukan observasi, wawancara kepada subjek penelitian secara langsung dan
dokumentasi yang berkaitan dengan peristiwa tertentu. Selanjutnya teknik analisis
data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu, dalam proses belajar mengajar tentunya
sangat dibutuhkan peran dari seorang guru untuk mendidik siswa. Peran guru
tersebut dapat dilakukan dengan pendekatan fungsional yaitu sebagai fasilitator,
sebagai motivator, dan sebagai pengelola. Dalam proses belajar mengajar tentunya
ada berbagai macam kendala yang muncul, seperti kurangnya dukungan orang tua
santri, dan terbatasnya fasilitas Yayasan. Segala macam kendala tersebut harus
dapat diatasi oleh guru dan managemen Yayasan dengan berbagai
keterbatasannya, sehingga tujuan pendidikan tercapai. Adapun penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa pendekatan fungsional dapat meningkatkan motivasi belajar
anak pada pembelajaran Agama Islam dengan berbagai usaha tentunya dari peran
guru yang selalu memberikan motivasi- motivasi untuk menggerakkan dan
menumbuhkan kegairahan belajar anak.


Detail Information

Penulis
JULIANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108187
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail