Skripsi
POLA PEMBINAAN AQIDAH PADA REMAJA DI DESA TANJONG DRIEN KECAMATAN PAYA BAKONG KABUPATEN ACEH UTARA
XMLMasyarakat dan orang tua sangat berperan dalam membentuk aqidah remaja
supaya terhindar dari pedangkalan aqidah anak-anak di eraglobalisasi, dengan
bahu membahu dalam membangun aqidah remaja sehingga pedangkalan aqidah
akan terhindar dari kalangan orang Islam. Dalam membangun aqidah remaja
banyak mendapatkan berbagai halangan dan rintangan. Disebabkan oleh
kenakalan anak-anak remaja pada saat ini dimana dalam menerangkan tentang
hal-hal agama ada yang tidak mendengar, membantah dan melawan. Berdasarkan
masalah diatas maka yang menjadi pentanyaan penelitian adalah: bagaimanakah
pola pembinaan aqidah pada remaja di desa Tanjong Drien Kecamatan Paya
Bakong?, bagaimana bentuk kegiatan pembinaan aqidah pada remaja yang
dilaksanakan di desa Tanjong Drien Kecamatan Paya Bakong? dan apa saja faktor
pendukung dan penghambat pembinaan aqidah pada remaja desa Tanjong Drien
Kecamatan Paya Bakong?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembinaan aqidah pada remaja di
desa Tanjong Drien Kecamatan Paya Bakong, untuk mengetahui bentuk kegiatan
pembinaan aqidah pada remaja yang dilaksanakan di desa Tanjong Drien
Kecamatan Paya Bakong, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
pembinaan aqidah pada remaja desa Tanjong Drien Kecamatan Paya Bakong..
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Lapangan. Dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. dan dalam penelitian ini, peneliti menganalisa data dengan
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: Dalam
pembinaan aqidah remaja mempunyai beberapa unsur yang meliputi: Materi
pembinaan aqidah, Pendekatan yang digunakan dalam pembinaan aqidah, Target
yang diharapkan dalam pembinaan aqidah dan metode yang diterapkan dalam
pembinaan aqidah. Bentuk kegiatan pembinaan aqidah pada remaja yang
dilaksanakan di desa Tanjong Drien kecamatan Paya Bakong kabupaten Aceh
Utara meliputi: pengajian, nasihat, pengawasan, keteladanan, pembiasaan dan
ganjaran dan hukuman. Faktor pendukung adalah ustad, orang tua, remaja dan
fasilitas yang cukup memadai walaupun masih banyak yang dalam proses. Faktor
penghambat adalah pergaulan diluar balai pengajian dan keluarga, teknologi yang
semakin canggih, informasi yang mudah didapat, liputan media massa dan
elektronik yang tidak mendidik, pskilogis dan latar belakang pendidikan agama
keluarga yang berbeda. dan fasilitas yang masih dalam proses perbaikan sehingga
dalam menjalankan program kurang maksimal.
Detail Information
Penulis |
RAZALI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 122106597 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|