Skripsi
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QURAN DALAM KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN BACA AL-QURAN ANAK (Penelitian Di Gampong Beringin, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara )
XMLAl-Quran adalah pedoman hidup untuk umat Muslim, untuk itu diwajibkan bagi
kita untuk belajar membaca, menulis, memahami dan mengamalkan isi Al-Quran.
Orangtua dalam mengajarkan Al-Quran kepada anak seharusnya dilakukan pada
usia sedini mungkin agar kelak anak tumbuh menjadi Insan Kamil yang benar- benar bertaqwa, dan ketika anak beranjak dewasa anak mampu membaca hingga
mampu mengamalkan isi Al-Quran. Namun dari realita yang ditemui di
Gampong Beringin kecamatan Lhoksukon anak yang berusia 6-12 tahun masih
sangat minim pengetahuannya tentang Al-Quran. Atas fenomena tersebut, penulis
mengadakan penelitian tentang bagaimana proses pembelajaran Al-Quran bagi
anak dalam keluarga, bagaimana efektivitas pembelajaran Al-Quran dalam
keluarga terhadap kemampuan baca Al-Quran anak serta apa saja kendala-kendala
yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran Al-Quran bagi anak dirumah di
Gampong Beringin kecamatan Lhoksukon. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui proses pembelajaran Al-Quran bagi anak dalam keluarga, untuk
mengetahui efektivitas pembelajaran Al-Quran dalam keluarga terhadap
kemampuan baca Al-Quran anak serta untuk menjelaskan kendala yang dihadapi
orang tua dalam pembelajaran Al-Quran bagi anak di rumah. Penelitian ini
dilakukan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang
menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan
dilapangan, bersifat verbal, kalimat-kalimat, fenomena-fenomena dan tidak
berupa angka-angka. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran Al-Quran
dalam keluarga yang ditempuh oleh para orang tua berjalan dengan baik. Anak
diajarkan orang tua membaca Al-Quran pada setiap malam sehabis magrib dengan
tanpa paksaan. Kemampuan baca Al-Quran anak di gampong Beringin,
Lhoksukon, sudah bisa dikatakan meningkat dan sudah lebih bagus dalam hal
memahami hukum tajwid, pengucapan makhrajil huruf Al-Quran dan seni
qira’ahnya. karena orangtua lebih memahami tentang perkembangan anak,
disamping itu pada waktu yang terus menerus secara rutin anak diajarkan
membaca Al-Quran. Namun demikian, efektivitas pembelajaran Al-Quran dalam
keluarga terhadap kemampuan baca Al-Quran anak di Gampong Beringin,
Lhoksukon belum bisa dikatakan efektif, dikarenakan jumlah keluarga yang masih
menerapkan pembelajaran Al-Quran dirumah hanya 19 keluarga saja dari 312
kepala keluarga (KK) di Gampong Beringin, Lhoksukon. Sedangkan, keluarga
yang lainnya, para orangtua hanya menyerahkan anaknya ketempat balai
pengajian setempat. Orangtua hanya memiliki sedikit kendala dalam pengucapan
makhrajil huruf oleh anak yang tidak fasih bicara, faktor anak yang terpengaruh
media elektronik, seperti TV dan gadget, keterbatasan kemampuan orang tua
dalam ilmu Al-Quran serta faktor waktu yang tidak dimiliki oleh orang tua.
Detail Information
Penulis |
NURFAZILAH U - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108151 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|