UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DI PAUD BINA BALITA KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DI PAUD BINA BALITA KOTA LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Safrita (152509204) : Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal huruf hijaiyah
Dengan Menggunakan Metode Bernyanyi Di PAUD Bina
Balita Kota Lhokseumawe
Kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah nilainya masih di bawah
standar ketuntasan, dalam pelajaran metode yang digunakan guru masih belum
begitu terarah dan belum sempurna serta kurang efektif. Aspek afektif serta
antusias anak dalam mengikuti pembelajaran kurang berminat, anak lebih banyak
bergurau, tidak serius, kurangnya perhatian dan bahkan bermain sendiri sehingga
tidak adanya stimulus respon ketika pelajaran berlangsung di kelas dan masih
perlu peningkatan, anak kesulitan saat menyebutkan huruf hijaiyah, anak belum
mampu menyebutkan secara teratur, anak tidak mampu membedakan huruf yang
hampir sama bunyinya, sehingga apa yang diucapkan anak tidak jelas dan mantap.
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode bernyanyi dapat
meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf Hijaiyah Di Paud Bina
Balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan
terhadap metode bernyanyi pada peningkatan kemampuan mengenal huruf
hijaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK Pengambilan
data dilakukan dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penilaian kemampuan
mengenal huruf hijaiyah pada siklus I mendapatkan skor rata-rata yang diperoleh
yaitu 4 anak yang belum berkembang (BB) atau 33.33 %, anak yang mulai
berkembang (MB) 3 anak atau 25 %, anak yang berkembang sesuai harapan
(BSH) 3 anak atau 25 % dan anak yang berkembang sangat baik (BSB) 2 anak
atau 16,16%. Pada siklus II materi mengenal mengenal huruf hijaiyah meningkat
sebanyak 11 atau 91,66%. Anak berkembang sangat baik (BSB) 6 anak atau 50%,
anak berkembang sesuai harapan (BSH) 5 anak atau 41,66% dan hanya 1 orang
anak saja atau 8,33 % yang belum berkembang (BB) dalam kemampuan mengenal
huruf hijaiyah melalui media bernyanyi,dan telah mencapai ketuntasan yang
diharapkan.


Detail Information

Penulis
SAFRITA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152509204
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail