PENGARUH METODE KOMUNIKASI DOSEN-MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus IAIN Lhokseumawe)

Record Detail

Skripsi

PENGARUH METODE KOMUNIKASI DOSEN-MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus IAIN Lhokseumawe)

XML

Pengaruh metode komunikasi Dosen-Mahasiswa terhadap prestasi belajar adalah
sebagai judul skripsi penulis. Rumusan masalah bagaimana pengaruh metode
komunikasi dosen-mahasiswa terhadap prestasi belajar. Dan faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi komunikasi dosen-mahasiswa terhadap prestasi belajar. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
metode komunikasi dosen-mahasiswa terhadap prestasi belajar. Dan untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi komunikasi dosen- mahasiswa terhadap prestasi belajar. Dalam skripsi ini penulis menggunakan teori
pertukaran sosial. Penulis menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yaitu
data primer dan data sekunder. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah
dosen IAIN Lhokseumawe beserta mahasiswa IAIN Lhokseumawe. Dengan
mengunakan metode pengumpulan data yang melalui observasi (pengamatan),
wawancara (interview) dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan
melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
skripsi menunjukkan bahwa: Pengaruh metode komunikasi antara Dosen dengan
Mahasiswa terhadap prestasi belajar, yaitu: sangat bagus sekali diataranya
mahasiswa yang belum mengetahui ilmu tersebut menjadi tahu, sangat
berpengaruh sekali diantaranya kesesuaian materi ujian dengan yang disampaikan
dalam perkuliahan serta referensi buku yang digunakan oleh dosen. Banyak
pengaruh yang terjadi, kalau metodenya sesuai dengan materi itu suasana diruang
pembelajarannya itu lebih hidup, mahasiswa lebih aktif serta serapan materi pun
lebih cepat, selain itu juga dipengaruhi oleh komunikasi interpersonal dan juga
komunikasi kelompok antara dosen-mahasiswa. Dan Faktor-faktor yang
mempengaruhi komunikasi antara dosen dengan mahasiswa terhadap prestasi
belajar yaitu: pertama mahasiswa yang apatis, kedua mempertanyakan kredibilitas
dosen, ketiga situasi mahasiswa, keempat sikap mahasiswa, kelima tidak tahu apa
yang ingin dikomunikasikan dan keenam kecemasan dalam berkomunikasi.


Detail Information

Penulis
SURYANA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 133107920
Edition
Language
English
Publisher FUAD-KPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
KPI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail