Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI TK SAFIATUDDIN LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Upaya yang pernah dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan anak dalam
mengenal bilangan yakni melalui metode tanya jawab tetapi anak kurang tertarik
dan masih banyak anak yang tidak memperhatikan penjelasan dan pertanyaan
guru. Selain itu, tugas dalam bentuk media lembar kerja siswa ternyata belum bisa
memberikan hasil yang optimal kerena kegiatan ini membosankan bagi anak.
Melihat kondisi ini, peneliti berasumsi bahwa anak akan lebih tertarik bila diajak
belajar sambil bermain. Menggunakan media yang menarik dan metode yang
tepat. Salah satu metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran di TK adalah metode pemberian tugas. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan perkembangan kemampuan
mengenal bilangan pada anak, melalui penerapan metode pemberian tugas di TK
B Safiatuddin Lhokseumawe. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya
meningkatkan perkembangan kemampuan mengenal bilangan pada anak, melalui
penerapan metode pemberian tugas di TK B Safiatuddin Lhokseumawe.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan Jenis dari penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini telah dilaksanakan dan
dilakukan di TK Safiatuddin Lhokseumawe dilaksanakan pada bulan Januari 2018
semester II Tahun Pelajaran 2017-2018. Adapun sumber data penelitian ini adalah
data yang diambil dari data guru dan data anak, anak yang menjadi sumber data
penelitian ini adalah anak kelas B TK Safiatuddin yang berjumlah 28 orang
adapun Prosedur Penelitian adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan
refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pra siklus dapat diketahui
kemampuan anak mengenal bilangan di kelas BI TK Safiatuddin Belum
Berkembang (BB) 11 orang atau 39% dan Mulai Berkembang (MB) sebanyak 8
anak atau sekitar 29% serta Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 9 anak atau 32 %
dan belum ada yang BSB. Pada siklus I hasil perkembangan mengenal bilangan
anak kelas BI di TK Safiatuddin Lhokseumawe sudah mulai mengalami
perubahan kearah perkembangan yang lebih baik. Secara rinci dapat dipaparkan
bahwa kemampuan mengenal bilangan anak Berkembang Sangat Baik (BSB) 2
anak atau 7%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 14 anak atau 50 %, dan Mulai
Berkembang (MB) sebanyak 8 anak atau 29 %, dan Belum Berkembang (BB)
sebanyak 4 anak atau 14%. Pada siklus II kemampuan mengenal bilangan anak
melalui metode Pemberian tugas sudah berkembang Sangat Baik (BSB). Secara
rinci dapat dipaparkan Berkembang Sangat Baik (BSB) 22 anak atau 79%,
Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 2 anak atau 7 %, dan Mulai Berkembang
(MB) sebanyak 3 anak atau 11 %, dan Belum Berkembang (BB) sebanyak 1 anak
atau 3 %. Penelitian ini dapat meningkatkan perkembangan kemampuan mengenal
bilangan pada anak.
Detail Information
Penulis |
Elvina - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132507850 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|