Skripsi
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-AQIB INDAH PERMAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN
XMLABSTRAK
Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan masih dibawah
standar ketuntasan, guru dalam pelajaran terlalu mendominasi sehingga anak
mengalami kecenderungan malas dan diam. Aspek efektif serta antusias anak
dalam mengikuti pembelajaran pada materi konsep bilangan masih kurang
berminat, anak lebih banyak bermain, tidak serius, kurangnya perhatian dan
bahkan bermain sendiri sehingga tidak adanya stimulus respon ketika pelajaran
berlangsung di kelas dan masih perlu peningkatan, anak-anak masih kurang berani
dalam bersikap mandiri baik di dalam kelas maupun di luar kelas sehingga apa
yang dilakukan anak tidak jelas dan mantap. Hal ini disebabkan oleh metode yang
dipilih dan digunakan oleh guru belum mampu untuk menarik perhatian dan minat
anak dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan atau pengaruh terhadap
metode demonstrasi pada pengenalan konsep bilangan di TK Al-Aqib Kota
Lhokseumawe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang
bertujuan untuk meningkatkan pengembangan kemampuan anak dalam mengenal
konsep bilangan bagi anak TK Al-Aqib Kota Lhokseumawe. Pengambilan data
dilakukan dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan,
metode demonstrasi efektif digunakan pada pengembangan kemampuan mengenal
konsep bilangan dalam mengenal warna di TK Al-Aqib, hal tersebut terbukti dari
adanya peningkatan motivasi dan keaktifan peserta didik terlihat pada, perhatian,
ketertarikan, rasa ingin tahu, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam
mengerjakan tugas, kemauan bertanya dan mengemukakan pendapat. Hal ini
dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar anak didik yang mana pada pra
siklus penelitian di ketahui anak didik yang mencapai standar penilaian
berkembang sangat baik hanya ada 5 anak saja dari semua anak didik yang
berjumlah 15 anak didik. Kemudian pada siklus 1 anak yang memiliki
peningkatan bertambah menjadi 8 anak dan pada siklus II bertambah lagi
menjadi 13 anak didik atau 89,47 %, Maka seluruh anak didik telah mencapai
standar penilain yang telah di tetapkan. Jadi, Penerapan metode Demonstrasi pada
Usia 5-6 Tahun di TK Al –Aqib Indah Permai dapat ditingkatkan dalam mengenal
konsep bilangan.
Detail Information
Penulis |
Mursyidah - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509220 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|