Skripsi
PEMBINAAN AKHLAK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS B2 DISIPLIN DI RA UKHTANI LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Membina akhlak anak di RA Ukhtani Lhokseumawe, guru yang diberi amanah
sebagai wali kelas memiliki tanggung jawab dan peranan yang sangat besar
mencerdaskan spiritual terutama pembinaan akhlak anak. Beberapa masalah yang
terdapat pada sejumlah anak kelas B2 disiplin RA Ukhtani Lhokseumawe
diantaranya kurang rasa hormat serta taat pada guru, kurang interaksi social atau
kurang rasa saling menyayangi dan saling memaafkan sesama teman. Pertanyaan
penelitian ini adalah bagaimanakah akhlak anak kelas B2 disiplin RA Ukhtani
Lhokseumawe, dan bagaimana peranan guru wali kelas B2 Disiplin di RA
Ukhtani dalam pembinaan akhlak anak dengan menggunakan media pembelajaran
audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan
akhlak anak sehari-hari dan juga peranan guru dalam membina akhlak anak usia
dini pada kelas B2 disiplin RA Ukhtani Lhokseumawe. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
sosiologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala RA Ukhtani
Lhokseumawe, wali kelas, dan anak/siswa kelas B2 disiplin. Hasil penelitian dari
hasil pertanyaan penelitian ialah bahwa akhlak anak kelas B2 disiplin sudah mulai
terbentuk dengan baik karena anak mudah menerima nasehat dan tidak terlepas
dari binaan guru yang mendidiknya ke arah yang lebih baik. Salah satu upaya
pembinaan yang dilakukan adalah dengan penerapan media audio visual.
Keberhasilan penggunaan media audio visual dalam pembinaan akhlak anak usia
dini dapat mendramatisi dan memanupulasi pesan, dapat memotret realitas
kehidupan dan perilaku sehari-hari yang terjadi di lingkungan hidup. Kekuatan
yang dimiliki media audio visual ini dapat dimanfaatkan untuk menanamkan
pendidikan karakter kepada anak secara berkesinambungan. Hal ini dpat
mengatasi kesulitan guru dan orang tua dalam memberikan contoh teladan dan
proses pembiasaan menanamkan pendidikan karakter atau pembinaan akhlak.
Detail Information
Penulis |
Masykur - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132507857 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|