Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD SBB AL-INSANI MATANG PANYANG
XMLABSTRAK
Rohaya. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan berbicara Anak usia 5-6 Tahun
Melalui Metode Bercerita Di PAUD SBB Al-Insani Matang panyang.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe. Pembimbing:
(1) Novi Diana, M.Pd, Pembimbing (2) Noval Fuadi, M.Pd.
Kemampuan berbicara memainkan peran penting dalam kehidupan anak,
berbicara dapat memberikan pengaruh yang besar bagi penyusuaian sosial dan
pribadi anak dalam kehidupannya. Selain itu, berbicara merupakan alat untuk
mengkomunikasikan gagasan-gagasan yang disusun serta dikembangkan untuk
kebutuhan sang pendengar atu penyimak. Oleh sebab itu, kurangnya kemampuan
berbicara anak dalam menyebutkan kata-kata sederhana, serta anak belum mampu
mengungkapkan keinginan dan pendapat dalam menyatakan sesuatu terhadap
orang lain maka oleh sebab itu berbicara sangat penting bagi anak usia dini
karena dengan berbicara anak mudah dalam berinteraksi dengan lingkungan dan
dalam bermasyarakat sehingga dalam proses kemampuan berbicara anak akan
lebih optimal. Tujuan Penelitian dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita
di PAUD SBB Al-Insani Matang Panyang. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan kelas (PTK) berkolaboratif dengan guru kelas yang dilaksanakn dengan
2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B PAUD SBB Al-Insani Matang
Panyang yang Berjumlah 26 anak. Objek penelitian ini kemampuan berbicara
anak melalui metode bercerita. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan berbicara dikatakan berhasil
apabila persentase kemampuan berbicara anak mencapai 75-80 % dengan kriteria
Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian kemampuan berbicara
Pratindakan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 0 %. Hasil penelitian
kemampuan berbicara melalui metode bercerita pada siklus I meningkat dengan
nilai persentase sebesar 38,46%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah
berhasil meningkatkan kemampuan berbicara anak tetapi belum mencapai
indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil siklus II
pencapaian kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan nilai rata-rata sebesar
76,92%. Dengan demikian, hasil peningkatan kemampuan berbicara anak
diperoleh dari upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode
bercerita.
Detail Information
Penulis |
ROHAYA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132507866 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|