Skripsi
EFEKTIVITAS OUTDOOR LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA DI MAS MISBAHUL ULUM
XMLPenelitian ini berjudul “Efektivitas Outdoor Learning dalam Pembelajaran PAI
Siswa di MAS Misbahul Ulum”. Yang melatar belakangi terjadinya penelitian
ini adalah minat dan belajar bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa
dipisahkan karena minat sangat berperan dalam pembelajaran yaitu sebagai
pembangkit dan pendorong siswa dalam belajar, namun terkadang ada siswa di
MAS Misbahul Ulum yang bosan, kurang menarik untuk belajar PAI, sering
keluar masuk kelas saat proses pembelajaran, telat masuk kelas, bermalasmalasan,
mengantuk dalam belajar. Metode outdoor learning memberikan
dorongan perasaan kebebasan bagi siswa, sebagai hasil dari tidak dibatasinya
ruang berpikir siswa oleh dinding-dinding kelas, namun dalam pelaksanaanya
kadangkala masih ada yang tidak sesuai dengan prosedur dan ketentuan. Adapun
tujuan penelitian ini adalah, Pertama Untuk mendeskripsikan penerapan metode
outdoor learning dalam pembelajaran PAI di MAS Misbahul Ulum, Kedua untuk
mengetahui efektivitas penggunaan metode outdoor learning dalam pembelajaran
PAI, Ketiga untuk mengetahui kendala penggunaan metode outdoor learning
dalam pembelajaran PAI di MAS Misbahul Ulum. Metode penelitiannya adalah
kualitatif deskriptif pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dilakukan analisis
data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitiannya adalah, Pertama penerapan metode outdoor learning yang terapkan
dalam pembelajaran PAI di MAS Misbahul Ulum dalam tiga tahap, yaitu tahap
pendahuluan yaitu terdiri dari persiapan segalanya, selanjutnya tahap pelaksanaan
yaitu dimana di tahap ini siswa dan guru belajar di luar kelas, dan tahap terakhir
yaitu tahap evaluasi dimana guru melihat kemampuan siswa dan mengukur hasil
belajar. Kedua efektifitas Penerapan metode outdoor learning dalam
pembelajaran fiqih di MAS Misbahul Ulum adalah sudah efektif dengan analisis
menggunakan konsep teori efektifitas, pelaksaannya dinilai efektif karena
memenuhi indikator-indikator efektifitas suatu metode dalam pelaksanaannya.
Ketiga kendala penerapan metode outdoor learning dalam pembelajaran PAI
secara internal yaitu alokasi waktu yang masih kurang, karakter siswa dan
kurangnya fasilitas sekolah, sedangkan eksternal yaitu kurangnya perhatian dari
orangtua siswa yang merupakan point penting dalam mensukses pembelajaran
anak.
Detail Information
Penulis |
PAPIN MAULANA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132107483 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|