PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SMP NEGERI 3 SYAMTALIRA ARON

Record Detail

Skripsi

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI SMP NEGERI 3 SYAMTALIRA ARON

XML

Skripsi ini berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa di SMP Negeri 3
Syamtalira Aron”. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 3 Syamtalira Aron
Teupin Punti Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara. Latar belakang
dilakukannya penelitian ini adalah karena kurangnya kemampuan membaca alQuran
siswa, kurangnya jam mengajar guru pendidikan agama islam sehingga
tidak bisa mengajar dengan efektif serta kurangnya media yang disediakan
sekolah. Permasalahan ini lah yang menarik peneliti untuk menelusuri masalahmasalah
tersebut. Pertama, untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran
siswa di SMP Negeri 3 Syamtalira Aron. Kedua, untuk mengetahui kendalakendala
yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Quran siswa di SMP Negeri 3 Syamtalira Aron. Ketiga,
peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca
al-Quran siswa di SMP Negeri 3 Syamtalira Aron. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala
sekolah SMP Negeri 3 Syamtalira Aron, guru mata pelajarn pendidikan agama
Islam, guru mata pelajaran lain dan siswa/i SMP Negeri 3 Syamtalira Aron.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, adanya upaya-upaya yang
dilakukan oleh guru seperti mengajari khusus siswa yang kurang bacaan al-Quran
nya, selalu menyuruh siswa tersebut untuk sering membaca al-Quran, mengontrol
kegiatan membaca al-Quran setiap pagi dan lain sebagainya. Kedua, adanya
kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam. Kendala tersebut terjadi
karena kurangnya jam mengajar ataupun keterbatasan waktu bagi guru pendidikan
agama Islam mengajar sehingga guru tidak bisa mengajarkan siswa lebih
mendalam, banyaknya jam mengajar guru pendidikan agama Islam sehingga guru
jarang memiliki waktu kosong. Ketiga, guru pendidikan cukup berperan dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Quran. Hal ini bisa dilihat dari upayaupaya
dan hal-hala yang dilakukan. Mulai dari mengajar sesuai dengan RPP,
menggunakan metode-metode yang cocok, mampu mengelola kelas dan mampu
menggunakan dan memanfaatkan media yang ada.


Detail Information

Penulis
MUZARA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108129
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail