PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA KELAS IVB SD NEGERI 10 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA KELAS IVB SD NEGERI 10 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya hasil belajar yang rendah siswa kelas
IVB SD Negeri 10 Muara Dua, khususnya pada mata pelajaran matematika materi
keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Bedasarkan latar belakang di atas
peneliti bekerjasama dengan kolaborator mencari solusi dari permasalahan
tersebut. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah “Apakah penerapkan
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil
belajar pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas IVB
semester ganjil SD Negeri 10 Muara Dua tahun pelajaran 2017/2018?” Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi keliling
dan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas IVB semester ganjil SD Negeri
10 Muara Dua, tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan pembelajaran
Group Investigation. Penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah suatu
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
kepala sekolah, guru kelas IV dan siswa kelas IVB SD Negeri 10 Muara Dua.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, tes dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan
kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dibanding sebelum tindakan.
Sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥ 65) adalah 7
siswa atau 35% dengan rata-rata nilai 53. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai
di atas KKM (≥ 65) adalah 14 siswa atau 70% dengan rata-rata 64. Sedangkan
pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas KKM (≥ 65) sudah mencapai 20
siswa atau 100% dengan rata-rata 79. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Group Investigation
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas persegi dan
persegi panjang siswa kelas IVB SD Negeri 10 Muara Dua semester ganjil
2017/2018.


Detail Information

Penulis
NURSIAH HASYIM - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208741
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail