Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR BOLA DI KELOMPOK TK B AL-AZHAR KOTA LHOKSEUMAWE
XMLKemampuan kecerdasan daya fikir anak dalam mengenal masih belum mencapai
standar ketuntasan, guru dalam pelajaran mendominasi pada ranah kognitif
sehingga anak mengalami kecenderungan malas. Aspek efektif serta antusias anak
dalam mengikuti pembelajaran PIAUD kurang berminat, anak lebih banyak
bergurau, tidak serius, kurangnya perhatian dan bahkan bermain sendiri sehingga
tidak adanya stimulus respon ketika pelajaran berlangsung di kelas dan masih
perlu peningkatan, anak-anak masih kurang berani dalam bersikap terpuji baik di
dalam kelas maupun di luar kelas sehingga apa yang dilakukan anak tidak jelas
dan mantap. Hal ini disebabkan oleh metode yang dipilih dan digunakan oleh guru
belum mampu untuk menarik minat anak dalam meningkatkan akhlak.
Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan judul “Upaya
meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak melalui media gambar bola
di TK Al Azhar Kota Lhokseumawe” karena menghadapi masalah tentang nilai
kognitif pada peserta didik di TK Al-Azhar Kota Lhokseumawe. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan atau pengaruh terhadap
media kartu angka pada peningkatan kemampuan mengenal warna di TK AlAzhar
Kota Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2017/2018. Media yang digunakan
dalam penelitian ini adalah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan daya fikir
anak dalam kemampuan mengenal warna bagi anak. Pengambilan data dilakukan
dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, media
gambar bola efektif digunakan pada peningkatan kemampuan mengenal warna
bagi anak dalam mewarnai di TK Azhar, hal tersebut terbukti dari adanya
peningkatan keaktifan peserta didik terlihat pada, perhatian, ketertarikan, rasa
ingin tahu, dan antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan bertanya dan
mengemukakan pendapat, yaitu, hasil asessmen/penilaian kemampuan mengenal
warna dalam mewarnai pada siklus I setelah diberikan tindakan melalui media
gambar bola diperoleh persentase 40 %, dan pada siklus II rata-rata persentase
kemampuan mengenal warna bagi anak, yaitu 86,66 % berkembang sangat baik
sehingga mengalami peningkatan sebesar 86,66 % dalam kemampuan mengenal
warna.
Detail Information
Penulis |
SRI WAHYUNENSIH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509199 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|