MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI DI MTsN 5 ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI DI MTsN 5 ACEH UTARA

XML

Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kepedulian orang tua
terhadap pendidikan agama anak yang kurang, misalnya ketika anak tidak mau
belajar ilmu agama orang tuanya kurang mempedulikannya bahkan orang tua
tidak menyuruh anaknya untuk datang ke tempat pengajian atau mengawasinya
ketika anak sedang bermain di luar rumah dan orang tua jarang mengulang
kembali pelajaran yang telah anak pelajari ketika di rumah. Adapun pertanyaan
penelitian ini adalah, Pertama, Bagaimanakah tingkat kepedulian orang tua
terhadap pendidikan agama anak di Gampong Seuneubok Tuha?, Kedua, Apa saja
kendala orang tua dalam meningkatkan pendidikan agama anak di Gampong
Seuneubok Tuha?. Adapun tujuan penelitian ini adalah, Pertama, untuk
mengetahui tingkat kepedulian orang tua terhadap pendidikan agama anak di
Gampong Seuneubok Tuha. Kedua, untuk mengetahui kendala orang dalam
meningkatkan pendidikan agama anak di Gampong Seuneubok Tuha. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi atau studi
kasus. Subjek penelitian yaitu orang tua, dan anak di Gampong Seuneubok Tuha.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian di Gampong
Seuneubok Tuha yang menjadi hasil penelitian ini adalah, Pertama,Tingkat
kepedulian orang tua terhadap pendidikan agama anak di Gampong Seuneubok
Tuha masih kurang sekali dan orang tua kurang memperhatikan anaknya dalam
belajar ilmu agama baik itu di sekolah, di tempat pengajian dan di rumah, dan
bahkan dukungan orang tua kepada anaknya dalam meningkatkan ilmu agama pun
masih kurang sekali. Kedua, Kendala orang tua dalam meningkatkan pendidikan
agama anak di Gampong Seuneubok Tuha yaitu kurangnya keadaan ekonomi
orang tua sehingga kebutuhan anak dalam belajar pun tidak bisa terpenuhi
semuanya dengan sebab ekonomi orang tua kurang sehingga hubungan orang tua
dengan anak pun tidak akrab, dan lingkungan, lingkungan masyarakat juga sangat
berpengaruh terhadap pendidikan agama anak apabila kurangnya pengawasan dari
orang tua terhadap anak ketika bermain dengan teman sebayanya di luar rumah,
sehingga anak dalam belajar ilmu agama pun terabaikan, dan anak lalai dalam
bermain karena tidak ada pengawasan dari orang tua untuk menyuruhnya belajar.


Detail Information

Penulis
NIDA MARLIANI - Personal Name
142108140 - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108140
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail