Skripsi
PENINGKATAN PEMAHAMAN AGAMA SISWA MELALUI INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI MAN LHOKSEUMAWE
XMLSaat ini, mata pelajaran sains (biologi) adalah salah satu pelajaran yang sedang
diupayakan melalui integrasikan dengan nilai-nilai islam di MAN Lhokseumawe.
mengintegrasikan materi pelajaran umum dengan materi pelajaran pendidikan
agama yakni nilai-nilai Islami dalam penyampaian pembelajaran sains atau
sebaliknya mengintegrasikan materi pelajaran agama dengan mata pelajaran
umum yakni agama tidak mendeskripsikan ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pemahaman agama
siswa melalui integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran sains. Pendekatan ini
menggunakan pendekatan kualitatif kasus yang digunaka deskriptif analisis
terhadap data yang diperoleh dari lapangan. Rumusan masalah dalam penelitian
ini apa saja upaya guru untuk meningkatkan pemahaman agama siswa melalui
integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran saisn di MAN Lhokseumawe, apa
saja kendala guru dalam peningkatan pemahaman agama siswa melalui nilai-nilai
islam dalam pembelajaran sains di MAN Lhokseumawe. Pengempulan data
dialakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dukumentasi dengan subjek
penelitian siswa dan guru sain (biologi) MAN Lhokseumawe sebayak 1 orang.
Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa data yaitu
Reduksi data, dan Penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya
guru untuk meningkatkan agama siswa dalam pembelajaran sains di MAN
Lhokseumawe, telah mampu mengintegrasikan nilai-nilai keimanan dan
ketaqwaan kepada siswanya dalam setiap pembelajaran agar jiwa siswa tidak
kering dengan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan. Metode yang tepat dalam
mengajarkan kepada siswa hal-hal yang bersifat agama agar siswa dapat
menyenagi pelajaran tersebut sehingga mudah untuk meningkatkan pemahaman
agama siswa. Kendala guru dalam meningkatkan pemehaman agama siswa
melalui integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran sains, karena tidak
mempunyai wawasan untuk mengintegrasi nilai-nilai islam ke dalam
pembelajaran, sehingga guru harus membuat RPP baru dalam proses ngajarmengajar
untuk berinovasi dan berimprovisasi merumuskan RPP yang baru,
khususnya menuliskan secara terbuka indicator-indikator integrasi nilai islam
didalam pembelajaran sains.
Detail Information
Penulis |
NUR DIANA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142108134 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PAI
|