PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN PAI ANTARA YANG BERLATAR BELAKANG MTs DENGAN SMP (Studi Kasus SMA Negeri 1 Sawang)

Record Detail

Skripsi

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN PAI ANTARA YANG BERLATAR BELAKANG MTs DENGAN SMP (Studi Kasus SMA Negeri 1 Sawang)

XML

Kemampuan siswa dalam belajar khususnya pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMA Negeri 1 Sawang khususnya kelas XI tergolong baik. Hal ini dilihat dari
mampunya dan aktifnya siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah tersebut.
Hal ini juga disebabkan oleh minat belajar dari dalam diri siswa yang memang
mampu bersaing secara sehat meski berasal dari latar belakang sekolah yang
berbeda. Namun latar belakang sekolah asal mereka menjadi tanda tanya tentang
pengetahuan kognitif mereka tentang pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini
di karenakan MTs belajar pelajaran agama lebih banyak di dandingkan dengan
SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil
belajar siswa pada materi pelajaran PAI antara siswa yang beelatar belakang MTs
dengan SMP di SMA Negeri 1 Sawang. Dalam penelitian ini digunakan
pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh di uji secara statistik dan
menggunakan analisis komparasional (membandingkan). Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMA Negeri 1 Sawang, sedangkan untuk
menentukan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sebelum uji t
digunakan terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas dengan taraf
signifikan 5%. Tujuan dilakukan uji homogenitas adalah untuk mengetahui
apakah kedua kelas mempunyai varians yang sama atau tidak. Berdasarkan hasil
dari data nilai rapor diperoleh jumlah nilai rata-rata kelompok MTs yaitu ̅ : 86,2
dan jumlah nilai rata-rata kelompok SMP yaitu ̅ : 84,85, kemudian hasil uji
homogenitas data kedua kelompok diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,67 < 2,21
sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki tingkat kemampuan
kognitif yang sama. Hasil uji normalitas kelompok MTs diperoleh L0 < Ltabel yaitu
0,1487 < 0,1900 dan untuk kelompok SMP diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1415 <
0,1900 maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal.
Karena data tersebut homogen dan berdistribusi normal maka dilakukan pengujian
hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh 


<

yaitu 1,28 > 1,69 maka terima Ho dan tolak Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa
“tidak ada Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran PAI antara yang
Berlatar Belakang MTs dengan SMP di SMA Negeri 1 Sawang”


Detail Information

Penulis
MUTIA RAHMI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108145
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail