Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DI SMP NEGERI 6 LHOKSEUMAWE
XMLKemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan pembelajaran
matematika yang terdapat pada Standar Isi Kurikulum 2013. Namun berdasarkan
hasil observasi di kelas VII-1 SMP Negeri 6 Lhokseumawe terlihat bahwa
pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan
pembelajaran di sekolah belum melibatkan siswa secara aktif untuk dapat
memahami konsep matematika. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu
menerapkan strategi pembelajaran aktif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe
the power of two yang memfasilitasi siswa aktif secara mandiri maupun secara
berpasangan untuk saling berbagi pengetahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
kelas VII-1 SMP Negeri 6 Lhokseumawe yang mengikuti pembelajaran melalui
model pembelajaran kooperatif tipe the power of two. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP
Negeri 6 Lhokseumawe. Penelitian ini berhasil atau tuntas apabila ≥75% siswa
yang memperoleh skor ≥KKM dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru
maupun siswa berdasarkan hasil observasi menunjukkan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two selesai
diterapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
kelas VII-1 di SMP Negeri 6 Lhokseumawe sesuai dengan kriteria indikator
keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two pada
siswa kelas VII-1 SMP Negeri 6 Lhokseumawe dapat: (1) Meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu setelah dilaksanakan
tindakan pembelajaran dengan nilai rata-rata siswa dari 63,13 dengan ketuntasan
sebesar 56,25% (kategori cukup) pada siklus I, meningkat menjadi 80 dengan
ketuntasan sebesar 78,13% (kategori baik) pada siklus II. (2) Keterlaksanaan
pembelajaran dilihat dari kegiatan guru sebesar 70,76% (kategori cukup), kegiatan
siswa sebesar 61,53% (kategori cukup) pada siklus I dan pada siklus II
keterlaksanaan pembelajaran meningkat dilihat dari kegiatan guru menjadi
87,69% (kategori baik), kegiatan siswa menjadi 76,92% (kategori baik).
Kata Kunci: The Power Of Two, Pemahaman Konsep Matematis
Detail Information
Penulis |
YURI RIZKY RAMADHANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208289 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|