PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING AND EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 NISAM KABUPATEN ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING AND EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 NISAM KABUPATEN ACEH UTARA

XML

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan oleh
beberapa hal diantaranya pembelajaran matematika di sekolah masih
menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga guru lebih aktif dan
siswa pasif saat pembelajaran, guru sangat jarang mengaitkan materi pelajaran
dengan kemampuan awal yang dimilki siswa dan siswa masih menganggap
pembelajaran matematika sulit. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pendekatan
pembelajaran yang mampu menjawab semua permasalahan di atas, salah satunya
adalah model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting and Extending
(CORE). Model pembelajaran ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada
siswa untuk mengkontruksi pengetahuan pada diri siswa itu sendiri. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Connecting Organizing
Reflecting and Extending (CORE) terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa SMP Negeri 1 Nisam Kabupaten Aceh Utara. Dalam penelitian
ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana data yang peneliti
peroleh diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Nisam. Dengan menggunakan teknik random sampling
class diperoleh dua kelas sampel, yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Adapun untuk memperoleh data langsung dari
lapangan, maka peneliti melakukan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test.
Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data hasil tes dari kedua kelas
tersebut, diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan normal, sehingga untuk
pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan   0,05 dengan dk =
42. Dari hasil pengolahan data ternyata thitung > ttabel yaitu 3,20 > 1,68 sehingga
tolak Ho dan terima Ha, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Connecting Organizing Reflexting and Extending (CORE) terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Nisam
Kabupaten Aceh Utara.


Detail Information

Penulis
NOVITA DEWI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 122206744
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail