Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELOMPOK A DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PAUD RISVA YUANSAL MEURAKSA GAMPONG BLANG CUT
XMLSkripsi ini menjelaskan tentang Peningkatan Kemampuan Siswa Kelompok A Dalam
Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Metode Demonstrasi Pada PAUD Risva Yuansal
Meuraksa Gampong Blang Cut. Pada dasarnya, daya ingat anak usia dini adalah daya
ingat sangat mendasar. Penalaran anak usia dini masih sangat sederhana dan sangat
peka terhadap wujud benda dan warna. Oleh karena itu dalam usaha mengenal huruf
Hijaiyah pada anak usia dini tidak boleh menuntun penalaran anak akan huruf demi
huruf Dari latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:1. Bagaimana peningkatan kemampuan siswa kelompok A dalam
mengenal huruf Hijaiyah melalui metode demonstrasi pada PAUD Risva Yuansal
Meuraksa Gampong Blang Cut?. 2. Bagaimana hasil yang dicapai dengan
menerapkan metode demonstrasi untuk mengenal huruf Hijaiyah pada PAUD Risva
Yuansal Meuraksa gampong Blang Cut?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian
ini adalah:1. Untuk menjelaskan peningkatan kemampuan siswa kelompok A dalam
mengenal huruf Hijaiyah melalui metode demonstrasi pada PAUD Risva Yuansal
Meuraksa Gampong Blang Cut. 2. Untuk menggambarkan hasil yang dicapai dengan
menerapkan metode demonstrasi untuk mengenal huruf Hijaiyah pada PAUD Risva
Yuansal Meuraksa Gampong Blang Cut. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif karena peneliti ingin mengetahui data yang mendalam secara alamiah
tentang mengenal huruf Hijaiyah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang
telah dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa: Peningkatan kemampuan siswa
kelompok A dalam mengenal huruf Hijaiyah melalui metode demontrasi dapat
mengembangakan anak dalam mengenal huruf Hijaiyah, karena di dalam metode
demonstrasi tersebut anak diberi motivasi dan hadiah berupa kata kata
ajaib/sanjungan sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, disiplin, serta
menyediakan lingkungan yang menyenagkan bagi anak, sehingga dapat membuat
anak asyik melakukan kegiatan belajar. Hasil ini di peroleh melalui model Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat
tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, anak usia 5-6 tahun.
Metode yang digunakan yaitu: peraktik, demonstrasi, pelatihan, bernyanyi, unjuk
kerja, penugasan,dan bercerita. Hasil kemampuan anak melalui permainan siklus I
rata-rata 46,4 atau 46 %, interval dibawah 50% termasuk kategori Belum
Berkembang, dan Hasil kemampuan dalam permainan pada siklus II rata – rata 82,75
atau 82 % interval 81-100 % termasuk kategori Berkembang Sangat Baik. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan
pengembangan anak dalam mengenal huruf Hijaiyah di PAUD Risva Yuansal
Meuraksa Gampong Blang Cut.
Detail Information
Penulis |
LINA YATI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509213 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|