Skripsi
EFEKTIFITAS MARKETING MIX (KOMUNIKASI TERINTEGRASI) DALAM PEMASARAN PRODUK-PRODUK PEGADAIAN SYARIAH UNIT GEUDONG
XMLPemasaran merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai sukses bagi
perusahaan. Perusahaan dengan penjualan yang banyak pasti memiliki pemasaran
yang hebat dan terencana. Pegadaian ialah salah satu alternatif pendanaan yang
sangat efektif karena tidak memerlukan persyaratan yang rumit yang dapat
menyulitkan nasabah dalam pemberian dana. Cukup dengan membawa barang
jaminan yang bernilai ekonomis, masyarakat sudah bisa mendapatkan dana untuk
kebutuhannya, baik produktif maupun konsumtif, untuk itu penulis tertarik
menjawab permasalahan penelitian yaitu Bagaimana efektifitas marketing mix
dalam pemasaran produk Pegadaian Syariah Unit Geudong dan Bagaimana
komunikasi terintegrasi yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Unit Geudong.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis permasalahan
penelitian. Untuk menjawab pertanyanan penelitian penulis menggunakan
penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian lapangan dengan mengumpulkan
data memakai metode dari sumber data primer, sekunder, pengolahan data,
wawancara dan observasi. Hasil analisis ini adalah bahwa pemasaran yang
dilakukan oleh Pegadaian Syariah Unit Geudong, berjalan dengan efektif, hal ini
dilihat dari banyaknya nasabah yang menggunakan produk-produk yang ada pada
Pegadaian Syariah Unit Geudong, dan juga karena kebutuhan masyarakat akan
uang tunai. Dengan menggunakan langkah-langkah dalam mengembangkan
komunikasi pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
dan dapat terlaksana dengan baik. Produk yang paling diminati ialah Rahn (Gadai
Syariah) karena prosesnya cepat dan hanya menggadaikan barang berharga atau
emas langsung bisa mendapatkan dana. Sedangkan komunikasi terintegrasi yang
digunakan Pegadaian Syariah Unit Geudong ialah dengan cross-selling, grebek
pasar, dan literasi ke instansi-instansi, juga dari periklanan, promosi penjualan,
hubungan masyarakat dan penjualan tatap muka. Namun dalam melakukan
komunikasi pemasaran ini ada kendala yang dihadapi ialah kurangnya sumber
daya manusia (SDM), khususnya di unit, karena tim khusus untuk melakukan
pemasaran hanya ada di kantor cabang.
Kata kunci: Marketing Mix, Komunikasi Terintegrasi, Produk Pegadaian Syariah
Detail Information
Penulis |
NELIA HANUM - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 131207318 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
EKONOMI SYARIAH
|