PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARANGUNA MENINGKATKAN VOLEME PENJUALAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH (StudiKasus di PT. BPRS RahmahHijrahAgung Kota Lhokseumawe)

Record Detail

Skripsi

PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARANGUNA MENINGKATKAN VOLEME PENJUALAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH (StudiKasus di PT. BPRS RahmahHijrahAgung Kota Lhokseumawe)

XML

Semakin banyaknya pertumbuhan bank konvensional dan bank syariah
menjadikan tingkat persaingan semakin ketat dalam pencarian nasabah. Dengan
persaingan yang terjadi, bank-bank harus menyusun strategi-strategi yang efektif
agar bank-bank tersebut dapat diminati oleh masyarakat dan dipercayai untuk
menghimpun dan menyalurkan dana yang mereka miliki. Strategi yang penting
adalah strategi pemasarannya, karena pemasaran merupakan bidang yang paling
dinamis dalam area manajemen. Selain itu strategi pemasaran merupakan
sekumpulan rancangan kegiatan yang berkaitan untuk mengetahui kebutuhan
konsumen dan pengembangan mendistribusikan, mempromosikan, serta
menetapkan harga yang sesuai dari produk atau jasa untuk mencapai kepuasan
pelanggan dan memperoleh keuntungan dalam penjualan. Berdasarkan hal ini
penulis melakukan penelitian dengan judul “Pelaksanaan Strategi Pemasaran
Guna Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pembiayaan Murabahah Di
PT.BPRS Rahmah Hijrah Agung Lhokseumawe”. Yang menjadi rumusan
masalah adalah bagaimana strategi pemasaran produk murabahah yang
dilaksanakan PT.BPRS Rahmah Hijrah Agung Lhokseumawe. Dan bagaimana
peranan strategi pemasaran produk murabahah terhadap volume penjualan di
PT.BPRS Rahmah Hijrah Agung Lhoksemawe.
Jenispenelitianiniadalahpendekatandeskriptif yang
menggambarkansecaraumumstrategipemasaran yang dilakukanpihak BPRS RHA
Lhokeumawedalammeningkatkanpenjualanproduk.Sedangkanteknikpengumpulan
data yang penulislakukanadalahwawancara, observasi, dandokumentasi.Hasil
penelitian ini menyatakan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak
BPRS RHA Lhokseumawe mengalami penurunan pembiayaan murabahah dari
tahun 2014 jumlah nasabah 772, tahun 2015 sejumlah 521 nasabah, dan tahun
2016 sejumlah 499 nasabah pembiayaan murabahah. proses pelaksanaannya
dengan menggunakan strategi harga (Price): memberikan penawaran bagi hasil
yang tinggi untuk nasabah dan menyesuaikan nisbah bagi hasil pembiayaan
dengan kemampuan mudharib, strategi produk (product). Produk berkaitan
dengan apa yang akan ditawarkan kepada masyarakat, strategi promosi
(promotion) membuat brosur-brosur, periklanan, pamphletdansebagainya, tempat(place)penentuantempat yang mudahterjangkaudandilihatolehmasyarakat. Kata kunci: StrategiPemasaran, Volume Penjualan, ProdukMurabahah


Detail Information

Penulis
NURSAPUTRI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 131207223
Edition
Language
English
Publisher FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
EKONOMI SYARIAH

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail