Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN GEOMETRI DENGAN PERMAINAN PUZZLE BERVARIASI DI KELAS B PADA TK AL-AZHAR
XMLKemampuan dalam mengenal geometri anak masih rendah, kurang bervariasinya
guru dalam memilih metode belajar. Hal ini dilihat dalam proses pembelajaran
anak belum dapat mengenal geometri dengan baik dan kurangnya minat anak
dalam pembelajaran mengenal geometri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
upaya meningkatkan pengenalan geometri dengan permainan puzzle bervariasi di
kelas B pada TK Al-Azhar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
kolaboratif dengan guru yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Sumber data penelitian
ini adalah anak-anak kelas B pada TK Al-Azhar yang berjumlah 18 anak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar
observasi dan lembar wawancara. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini
adalah sebagai berikut: Penelitian ini berhasil apabila mencapai ketuntasan
klasikal ≥ 80% dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru maupun siswa
berdasarkan hasil observasi berada pada kategori ”baik”. Data penelitian diperoleh
melalui observasi yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung melalui
lembar observasi. Penelitian dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus
terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Hasil penelitian pengenalan geometri anak pratindakan dengan nilai ratarata
persentase sebesar 43,47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan
geometri anak dengan permainan puzzle bervariasi pada siklus I dengan nilai ratarata
persentase sebesar 59,44%. Setelah melakukan penelitian pada siklus I telah
berhasil meningkatan pengenalan geometri anak tetapi belum mencapai indikator
keberhasilan sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Hasil persentase ratarata
siklus II menunjukkan pencapaian kemampuan siswa bahwa Berkembang
Sangat Baik (BSB) dengan nilai rata-rata sebesar 90,00%. Berdasarkan data
tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada pengenalan geometri
dengan permainan puzzle bervariasi di kelas B pada TK Al-Azhar Kota
Lhokseumawe.
Kata kunci: Pengenalan Geometri, Permainan Puzzle Bervariasi.
Detail Information
Penulis |
ASNANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509203 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|