Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 LHOKSEUMAWE
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Quantum
Learning lebih baik dari pada kemampuan siswa yang diajarkan dengan
pembelajaran konvensional pada materi Operasi Aljabar siswa kelas VIII SMP
Negeri 4 Lhokseumawe. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa adalah salah satu masalah utama dalam pendidikan. Penyebab rendahnya
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diantaranya adalah guru masih
menggunakan model pembelajaran konvensional dan siswa tidak terbiasa
mengungkapkan ide/gagasan dalam proses pembelajaran. Salah satu model
pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa adalah model pembelajaran Quantum Learning. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang
diperoleh diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 4 Lhokseumawe, sedangkan yang menjadi sampel adalah
kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen, kelas VIII2 sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data hasil tes dari kedua kelas
tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan normal, sehingga untuk
pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Kelas eksperimen dilakukan
dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan pada kelas
kontrol dilakukan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil
penelitian diperoleh = 5,07 sedangkan nilai = 1,678 dengan
demikian > , yaitu 5,07 > 1,678 dengan α = 0,05 yang berarti tolak
yang membuktikan bahwa “kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
yang diajarkan dengan model pembelajaran Quantum Learning lebih baik dari
pada kemampuan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada
materi operasi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lhokseumawe”.
Detail Information
Penulis |
JULIANA M - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207607 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|