Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI TUTOR SEBAYA DI SMP NEGERI 4 LHOKSEUMAWE
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 4 Lhokseumawe melalui
strategi tutor sebaya. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa SMP adalah salah satu masalah utama dalam pendidikan. Penyebab
rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diantaranya adalah
guru masih sering memberikan rumus-rumus dalam bentuk jadi sehingga siswa
harus menghafal rumus-rumus tersebut tanpa mengetahui alur penyelesaian, dan
pembelajaran lebih berpusat kepada guru tanpa mempertimbangkan kemampuan
tiap individu dalam pembentukan pengetahuan barunya. Dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh diuji secara statistik.
Adapun untuk memperoleh datanya maka harus dilakukan tes. Agar dapat
meningkatkan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lhokseumawe sedangkan untuk
melakukan sampel dilakukan dengan random sampling (acak kelas), sehingga
yang menjadi sampel adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII2
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel, yaitu
1,25 < 2,205 sehingga dapat disimpulkan kedua data homogen. Untuk pengujian
hipotesis digunakan uji-t pihak kanan, hasil penelitian diperoleh t hitung > t tabel
yaitu 2,95 > 1,6879 maka tolah H0 dan terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa “ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP
Negeri 4 Lhokseumawe melalui strategi tutor sebaya”.
Detail Information
Penulis |
SINTIA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207610 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|