UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI. ( Kelas IV SDN 12 Blang Mangat Kota Lhokseumawe )

Record Detail

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI. ( Kelas IV SDN 12 Blang Mangat Kota Lhokseumawe )

XML

Pembelajaran matematika realistik Pada SDN 12 Blang Mangat Kota
Lhokseumawe belum mencapai sasaran seperti yang diharapkan,dimana semangat
belajar siswa yang masih rendah dan ketika proses pembelajaran guru
menyampaikan materi dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Namun
guru tidak menggunakan alat peraga tetapi dalam pembelajaran tersebut guru
menekankan bahwa setidaknya siswa hafal dengan materi tersebut, Padahal
hafalan bukanlah solusi untuk memahami sebuah materi. Siswa juga tidak
semuanya aktif dalam diskusi kelompok. Siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam
pembelajaran, ini terlihat pada saat pembelajaran guru langsung memberikan
konsep yang sudah jadi dan meminta siswa untuk menghafalnya. Pembelajaran
seperti ini akan mudah dilupakan oleh siswa karena siswa tidak menemukan
sendiri konsep yang dipelajari akhirnya siswa ribut di karenakan materi yang
disampaikan tidak di mengerti. Yang menjadi pertanyaan penelitian adalah
Bagaimana Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran
Matematika Realistik Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika
Pada Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Menggunakan Strategi
Pembelajaran Ekspositori. Metode Kualitatif dengan jenis penelitian tindakan
kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 12 Blang Mangat sebanyak 30
siswa,dan peneliti bertindak sebagai guru pada saat pelaksanaan tindakan. Teknik
Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. teknik
pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes soal dan dokumentasi. Hasil
penelitian bahwa upaya peningkatan hasil belajar matematika pada pembelajaran
matematika realistik dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori
Kelas IV SDN 12 Blang Mangat Kota Lhokseumawe dengan kegiatan penyajian
data, menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, kemudian guru
mengarahkan siswa untuk memperhatikan dan memahaminya dengan baik.
selanjutnya membererikan evaluasi sebelum menutup kegiatan pembelajaran.
penggunaan strategi pembelajaran ekspositori mengalami peningkatan hasil
belajar siswa pada pembelajaran matematika realistik mencapai 46 % dari
sebelumnya yang mencapai hasil belajar siswa hanya 87% pada siklus I dan
setelah menerapkan siklus ke II pencapaian hasil belajar siswa menjadi 97 %.


Detail Information

Penulis
NURHAYATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM
Edition
Language
English
Publisher : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail