Skripsi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 3 MUARA DUA LHOKSEUMAWE
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar dan
sangat sulit untuk mengusai pokok bahasan perkalian dan pembagian siswa kelas
II SD Negeri 3 Muara Dua Lhokseumawe. Hal tersebut disebabkan karena guru
masih menggunakan pendekatan tradisional. Pertanyaan penelitian: Apakah
pembelajaran Index Card Match dapat meningkatakan hasil belajar matematika
pada pokok bahasan perkalian dan pembagian pada siswa kelas II SD Negeri 3
Muara Dua Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pembelajaran Index Card Match dalam upaya meningkatkan hasil belajar
matematika pada pokok bahasan perkalian dan pembagian siswa kelas II SD
Negeri 3 Muara Dua Lhokseumawe. Jenis Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( Class Action Research)
dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan,
(2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran Index Card Match pada belajar matematika pokok bahasan
perkalian dan pembagian mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SD
Negeri 3 Muara Dua Lhokseumawe. Hal ini dapat dibuktikan melalui
perbandingan jumlah siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas antara pratindakan
serta hasil belajar setelah tindakan pada setiap Siklus I dan Siklus II. Jumlah siswa
yang tuntas pada pratindakan hanya 7 orang atau 17,5% nilai rata-rata 47,25,
setelah Siklus I menjadi 25 orang atau 60% dan pada Siklus II menjadi 37 orang
atau 92,5% nilai rata-rata 69. Sementara jumlah siswa yang tidak tuntas pada
Pratindakan mencapai 33 atau 82.5%, pada Siklus I berkurang menjadi 15 atau
40% dan test Siklus II hanya tinggal 3 orang atau 7,5 nilai rata-rata 84.75%.
Detail Information
Penulis |
Nurhayati. Z - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152609268 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PGMI
|