UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS IV SDN 13 BLANG MANGAT LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS IV SDN 13 BLANG MANGAT LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar IPA
pokok bahasan keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Hal ini disebabkan karena
pembelajaran yang disajikan guru kurang menarik, membosankan terhadap cara
mengajar guru sehingga banyak siswa yang kurang memahami terhadap materi
tersebut. Pertanyaan penelitian: bagaimana upaya peningkatan hasil belajar IPA
pokok bahasan keanekaragaman hewan dan tumbuhan melalui penerapan model
pembelajaran picture and picture Kelas IV SD Negeri 13 Blang Mangat
Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil
belajar IPA pokok bahasan keanekaragaman hewan dan tumbuhan melalui
penerapan model pembelajaran picture and picture kelas IV SDN 13 Blang
Mangat Lhokseumawe. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(Class Action Research) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap
yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Sasaran penelitian
ini adalah siswa kelas IV berjumlah 20 orang tahun pelajaran 2017/2018. Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and
picture dapat meningkakan hasil belajar IPA pokok bahasan keanekaragaman
hewan dan tumbuhan Kelas IV SD Negeri 13 Blang Mangat Lhokseumawe.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar dari
pratindakan, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. Dari hasil tes pratindakan
dari 20 siswa hanya 4 siswa mendapat nilai di atas KKM jika persentasekan
jumlah siswa yang tuntas hanya 20% dengan nilai rata-rata 51,5. Pada siklus I
siswa yang mendapat nilai diatas KKM meningkat menjadi 13 atau sebesar 65%
dengan nilai rata-rata mencapai 68,75 dan pada hasil tes pada siklus II hasil
belajar semakin meningkat yaitu 18 siswa mendapatkan nilai diatas KKM atau
90% dengan nilai rata-rata 84,75.


Detail Information

Penulis
IRAWATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152609266
Edition
Language
English
Publisher : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PGMI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail