Skripsi
TEKNIK KOMUNIKASI DOSEN UNTUK MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA IAIN LHOKSEUMAWE
XMLSkripsi ini berjudul: Teknik Komunikasi Dosen untuk Meningkatkan motivasi
Belajar Mahasiswa IAIN Lhokseumawe; yang menjadi rumusan masalah dari
judul penelitian ini adalah bagaimana teknik komunikasi yang digunakan dosen
untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan bagaimana efektifitas
komunikasi dosen dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiwa IAIN
Lhokseumawe, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran nyata
mengenai pelaksanaan teknik komunikasi dosen dalam membangkitkan motivasi
belajar mahasiswa IAIN Lhokseumawe dilihat dari teknik-teknik komunikasi
yang digunakan oleh dosen dalam membangkitkan motivasi belajar mahasiswa.
Metode penelitian kualitatif guna untuk mendapatkan gambaran yang jelas
tentang teknik-teknik komunikasi dosen dalam membangkitkan motivasi belajar
mahasiswa, sedangkan yang menjadi sumber data adalah primer dan sekunder.
Adapun hasil penilitian yang didapatkan oleh peneliti adalah, (1) teknik
komunikasi yang diandalkan dosen dalam meningkatkan motivasi belajar
mahasiswa di IAIN Lhokseumawe dengan menggunakan teknik informatif dengan
cara dosen membuat joke-joke yang bermanfaat dan mengaitkan dengan sesuatu
topik yang marak jadi perbincangan publik, selanjutnya persuasifyaitu mengajak
atau membujuk dengan cara yang halus, kemudian instruktif/ koersif yaitu dengan
sedikit mengancam atau memaksa dengan maksud termotivasi belajar mahasiswa,
dan yang terakhir dengan melakukan pendekatan human relation yaitu dengan
melakukan interaksi dan membaur dengan mahasiswa terlebih dahulu sebelum
memasuki dalam proses mengajar. (2) Mengenai efektifitas komunikasi dosen
dalam membangkitakn motivasi belajar mahasiswa di IAIN Lhokseumawe sejauh
ini sudah efektif walaupun belum optimal, hal ini bisa kita lihat dari pola
komunikasi mahasiswa dan tingkat keseriusan mahasiswa dalam proses belajar
mengajar seudah mulai terlihat.
Detail Information
Penulis |
ISMAIL - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 093103871 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FUAD-KPI : ., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
KPI
|