MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK AL- AQIB MELALUI METODE BERMAIN PERAN

Record Detail

Skripsi

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK AL- AQIB MELALUI METODE BERMAIN PERAN

XML

Kemampuan bahasa anak di TK Al-Aqib masih belum optimal, masih kurang dan
masih perlu peningkatan, anak-anak masih kurang berani dalam berbicara, anak
belum mampu berbahasa dengan lancar sehingga apa yang diucapkan tidak jelas
dan benar. Hal ini disebabkan oleh metode yang dipilih dan digunakan oleh guru
terlalu monoton sehingga kurang menarik perhatian anak dalam berbicara.
Berdasarkan permasalahan inilah peneliti mengambil judul “Mengembangkan
Kemampuan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Aqib Melalui Metode
Bermain Peran”. Karena menghadapi masalah tentang mengembangkan
kemampuan pada peserta didik di TK Al-Aqib Kota Lhokseumawe. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap kemampuan
bahasa anak dengan menggunakan metode bermain peran terhadap anak di TK
Al-Aqib Kota Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan bahasa anak. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan
wawancara dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
penggunaan metode bermain peran sangat efektif digunakan pada
mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Al-Aqib, hal tersebut terbukti
dari adanya peningkatan motivasi dan keaktifan peserta didik terlihat pada rasa
senang, perhatian, ketertarikan, rasa ingin tahu, mendengarkan pendapat orang
lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan bertanya dan mengemukakan
pendapat, yaitu melalui hasil test siswa antara prasiklus, siklus I dan II, hasil test
prasiklus menunjukkan nilai yang diperoleh oleh 5 anak hanya 33,33 %,
(berkembang sesuai harapan) dari 15 jumlah anak, kemudian peneliti melakukan
penelitian, yaitu: siklus I, diperoleh nilai oleh 9 anak atau 40 %, akan tetapi
setelah siklus II, hasil test anak mengalami peningkatan, anak yang tuntas
mencapai 14 anak atau 93,33 %. Jadi secara keseluruhan peningkatan kemampuan
bahasa anak mengalami peningkatan 60% dan peningkatan tersebut terjadi secara
bertahap dari kategori belum berkembang dan akhirnya menjadi berkembang
sesuai harapan.


Detail Information

Penulis
Rami Asnita - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152509221
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail