Skripsi
STRATEGI KOMUNIKASI GURU BAHASA INGGRIS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) ULUMUDDIN CUNDA KOTA LHOKSEUMAWE
XMLABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Guru Bahasa Inggris Dalam
Mengajar Siswa Berbahasa Inggris Di Madrasah Aliyah Swasta (MAS)
Ulumuddin Kota Lhokseumawe”, adapun rumusan masalah penelitian ini adalah
bagaimana strategi komunikasi yang di lakukan oleh guru bahasa inggris dalam
mengajar, bagaimana teknik mengajar yang di lakukan oleh guru bahasa inggris
dalam mengajar, dan apa saja teknik komunikasi yang di lakukan oleh guru
bahasa inggris dalam mengajar di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ulumuddin,
maka tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi
yang di lakukan oleh guru bahasa inggris dalam mengajar, bagaimana teknik
mengajar yang di lakukan oleh guru bahasa inggris dalam mengajar, dan apa saja
teknik komunikasi yang di lakukan oleh guru bahasa inggris dalam mengajar di
Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ulumuddin. Untuk memperoleh data yang
diperlukan dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan
data-data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau kalimat-kalimat berupa
paparan secara lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penulis
memilih metode kualitatif berdasarkan pertimbangan bahwa penelitian ini lebih
menekankan pada segi makna dari gambaran dan apa yang disampaikan oleh
narasumber untuk dituangkan kedalam sebuah karya tulis ilmiah. Berdasarkan
hasil penelitian startegi komunikasi yang di lakukan oleh guru bahasa inggris di
Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ulumuddin yaitu dengan cara menggunakan
komunikasi verbal dan non verbal, dan keseluruhan strategi komunikasi tersebut
terdapat dalam keterampilan guru dalam mengajar seperti, strategi komunikasi
informatif atau keterampilan menjelaskan, strategi keterampilan bertanya, strategi
keterampilan mengunakan variasi, strategi keterampilan menutup dan membuka
pelajaran, strategi diskusi kelompok, strategi keterampilan mengelola kelas,
strategi mengumpulkan lagu bahasa inggris, strategi mengalih bahasakan lagu dan
juga strategi debat. Sedangkan teknik mengajar yang di lakukan oleh guru bahasa
inggris di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ulumuddin adalah dengan
mengunakan teknik langsung, teknik alami,teknik percakapan, teknik
mendengarkan dan mengucapkan kata -kata bahasa inggris, teknik praktik dan
teori, teknik membaca, teknik bicara lisan. Dan teknik komunikasi yang di
gunakan oleh guru bahasa inggris di Madrsah Aliyah Swasta (MAS) Ulumuddin
yaitu dengan teknik komunikasi informatif atau menjelaskan, teknik komunikasi
instruktif atau perintah, teknik komunikasi persuasif atau ajakan serta teknik
komunikasi non verbal. Itulah beberapa strategi komunikasi dan teknik mengajar
yang di lakukan oleh guru bahasa inggris di Madrasah Aliyah Swasta (MAS)
Ulumuddin sehingga tidak salah kalau di Madrasah Aliyah Swasta (MAS)
Ulumuddin dapat mencetak generasi – generasi yang produktif, kreatif dan pintar
berbicara bahasa inggris.
Detail Information
Penulis |
MOULIZAR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 133107910 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FUAD-KPI : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
KPI
|