Skripsi
PENERAPAN MOTODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 13 LHOKSEUMAWE
XMLKemampuan pemahaman konsep matematika merupakan fondasi dalam
membangun pengetahuan siswa terhadap matematika baik secara lisan maupun
tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode
pembelajaran kooperatif group investigation untuk meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis
Eksperimen dan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara
statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri
13 Lhokseumawe, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas IX dan IX . Adapun untuk memperoleh data langsung di lapangan, maka peneliti memberikan
tes uraian yang terdiri dari soal pre test dan post test. Tes tersebut bertujuan untuk
melihat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan
metode pembelajaran Group Investigation (GI) kelas IX SMP Negeri 13
Lhokseumawe. Uji kesetaraan kognitif siswa dilakukan uji homogenitas terhadap
pre-test dengan menggunakan uji F, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,567 < 2,09
maka data homogen. Sedangkan uji prasyarat analisis data dilakukan uji
homogenitas terhadap nilai gain dengan uji F, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 2,06<
2,09. Kemudian dilakukan uji normalitas terhadap nilai gain eksperimen diperoleh
2
hitung
2
tabel , yaitu 10,4361<11,070 sedangkan nilai gain kontrol 2
hitung
2
tabel , yaitu 4,8023<11,070 maka kedua kelas berdistribusi normal. Teknik analisis data
yang digunakan dengan uji-t diperoleh > yaitu 3,03 > 1,68 pada
taraf signifikan 5% atau = 0,05 dengan. Demikian ditolak dan terima
sehingga dapat disimpulkan “penerapan metode pembelajaran kooperatif group
investigation dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa pada materi tabung Kelas IX SMP Negeri 13 Lhokseumawe.”
Detail Information
Penulis |
ISRA RAINI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207612 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|