UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 7 LHOKSUKON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS)

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 7 LHOKSUKON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS)

XML

Siswa SMPN 7 Lhoksukon masih mengalami kendala dan menganggap sukar
pada masalah pemahaman konsep dalam menyelesaikan konsep dasar matematika.
Hal ini terjadi karena siswa kurang memahami maksud dari pertanyaan yang
berupa soal cerita dan kurang mampu mengubah pertanyaan tersebut dalam
bentuk pemahaman matematika. Oleh karena itu untuk mengatasi hal demikian
diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa memahami
maksud dari pertanyaan dan mampu mengaplikasikan materi Aritmatika Sosial
dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai metode untuk membentuk suatu
pemahaman matematika. Salah satu metode yang menjawab tantangan tersebut
adalah model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa SMPN 7 Lhoksukon kelas VII pada materi Aritmatika
Sosial. Penelitain ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan PTK.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 7 Lhoksukon sebanyak 20 orang.
Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa kelas VII SMPN 7 Lhoksukon. Hal ini dikarenakan beberapa
aspek kriteria keefektifan pembelajaran terpenuhi, yaitu sebagai berikut: (1) hasil
belajar siswa secara klasikal meningkat atau tuntas dengan 65% pada tindakan I
meningkat menjadi 85% pada tindakan II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran TPS dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika
siswa khususnya siswa kelas VII SMPN 7 Lhoksukon. (2) kegiatan siswa dalam
mengikuti pembelajaran aktif, hal ini terlihat dari perolehan persentase hasil
observasi yang mengalami peningkatan, yaitu dari 78% pada pelaksanaan
tindakan I meningkat menjadi 81,81% pada pelaksanan tindakan II. (3)
kemampuan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori
“Baik” ini juga berdasarkan peningkatan persentase hasil observasi yang terus
meningkat, dimana perolehan persentase pada pelaksanaan tindakan I hanya
sebesar 76% menjadi 84,09% pada tindakan II. Mengacu pada indikator
keberhasilan penelitian, maka secara keseluruhan target tersebut telah tercapai
sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil.


Detail Information

Penulis
WARDIAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207604
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail