PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTSN 6 ACEH UTARA

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTSN 6 ACEH UTARA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Problem Based
Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MTsN 6 Aceh Utara.
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar matematika disebabkan
karena proses pembelajaran yang sebagian besar siswa hanya berperan sebagai
penerima,siswa kurang aktif dalam menemukan atau mencari ide baru untuk
menyelesaikan sebuah masalah. Untuk itu, salah satu usaha untuk dapat
mengembangkan gagasan – gagasan baru dan dapat memecahkan masalah tersebut
dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu strategi
pembelajaran PBL .Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana data
yang peneliti peroleh diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII MTsN Aceh Utara, sedangkan yang menjadi sampel adalah
kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran PBL dan
kelas VIII2 sebagai kelas control yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh = 1,16 dan Ftabel = 2,00 yang
menunjukkan ≤ Ftabel, yaitu 1,16 < 2,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa
kedua data homogen. Dari hasil uji normalitas kelas eksperimen diperoleh 2
 hitung

2
 tabel , yaitu 4,3781 < 9,488 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi
normal dan hasil uji normalitas kelas kontrol diperoleh 2
 hitung 
2
 tabel , yaitu 5,9012 <
11,070 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal, sehingga untuk
pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Dari hasil pengolahan data dengan
taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = 45 menunjukkan
yaitu > 1,681 dengan demikian tolak Ho dan terima Ha hal ini menunjukkan
bahwa “ada pengaruh pembelajaran PBL berbantuan multimedia terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa MTsN 6 Aceh Utara”.


Detail Information

Penulis
SAFIANA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207590
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail