Skripsi
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PIRAK TIMU
XMLPentingnya komunikasi matematika siswa karena siswa harus mampu menafsirkan
gagasan matematika secara lisan, tulisan, gambar, simbol, tabel dan diagram.
Kemampuan komunikasi matematika saat ini masih rendah, salah satu
penyebabnya yaitu siswa kurang berani untuk menyampaikan ide-ide dan gagasan
matematika yang benar dan jelas dalam proses pembelajaran berlangsung. Salah
satu usaha yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan model pembelajaran
learning cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
learning cycle terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 1
Pirak Timu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif data
yang peneliti peroleh dengan di uji secara statistik. Adapun untuk memperoleh
data langsung dari lapangan, maka peneliti melakukan tes. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pirak Timu. Dengan
menggunakan teknik random sampling class di peroleh dua kelas sampel yaitu
kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan menggunakan
modellearning cycle dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yang diajarkan tanpa
menggunakan model learning cycle. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan
normalitas data hasil tes kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua kelompok
tersebut mempunyai tingkat kognitif yang sama dan normal, sehingga pengujian
hipotesis digunakan uji-tpihak kanan. Hasil penelitian diperoleh = 2,708
dan
= 1,671. Berdasarkan kriteria pembuktian hipotesis >
yaitu 2,708>1,671 maka diputuskan
ditolak dan terima
yang membuktikan
bahwa “ Ada pengaruh model learning cycle terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa SMP Negeri 1 Pirak Timu.
Detail Information
Penulis |
MARIANA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207615 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|