Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CHALK AND TALK BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA SISWA SMP NEGERI 1 NISAM
XMLPenelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan upaya
meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui strategi pembelajaran
chalk and talk dengan berbantuan alat peraga pada SMP Negeri 1
Nisam.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika kelas VIII-F SMP
Negeri 1 Nisam dengan peneliti. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan
setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 40 Menit di
setiap satu pertemuan. Instrumen penelitian terdiri dari soal pra-tindakan,lembar
observasi, wawancara, soal tindakan I dan soal tindakan II. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan strategi pembelajaran chalk andtalk berbantuan alat
peraga terhadapkemampuan pemahaman konsep matematis siswa sangatlah
meningkat. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi pembelajaran chalk and
talk dengan berbantuan alat peragamelalui beberapa tahap yaitu (1) persiapan, (2)
penyajian,(3)korelasi,(4)Menyimpulkan,(5)Mengaplikasikan.Setelah dilaksanakan
pembelajaran dengan strategi pembelajaranchalk and talkdengan berbantuan alat
peragaterhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat. Hal
ini ditunjukan dengan (1) peningkatan hasil pos test I siswa dari 47% pada siklus
I menjadi 94% pada siklus II, (2) peningkatan aktivitas guru dari 70% pada siklus
I menjadi 83% pada siklus II , (3) peningkatan aktivitas siswa 70% pada siklus I
mejadi 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran
chalk and talk berbantuan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep
matematis siswa.
Kata Kunci : Strategi pembelajaranchalk and talk berbantuan alat peraga,
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
Detail Information
Penulis |
AISYAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207629 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|