PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 MATANGKULI

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 MATANGKULI

XML

Dalam dunia pendidikan, siswa dituntut untuk mempelajari berbagai macam mata
pelajaran di setiap sekolah-sekolah baik itu matematika maupun mata pelajaran
lainnya, namun dalam kenyataannya mata pelajaran yang paling tidak disenangi
oleh para siswa yaitu pelajaran matematika, karena sifatnya yang abstrak sehingga
diperlukan metode dan pendekatan yang lebih dalam penyampaiannya terlebih
lagi dalam kemampuan koneksi matematis, dimana siswa harus bisa mengerjakan
materi ajar yang lain serta bersifat matematik dengan berbagai ilmu matematika
yang lain. Untuk itu dibutuhkan suatu pendekatan yang memudahkan para siswa
untuk memiliki kemampuan koneksi matematis yaitu dengan penerapan
pendekatan CTL yang menjadikan suasana belajar lebih aktif dan menyenangkan.
Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh
diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII
SMPN 1 Matangkuli. Sedangkan untuk menentukan sampel dilakukan dengan
random sampling class (acak kelas), sehingga yang menjadi sampel adalah kelas
VIII3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa yang nantinya akan
diterapkan pendekatan CTL dengan unsur scientific dan kelas VIII6 sebagai kelas
kontrol dengan jumlah 25 siswa ini diterapkan proses pembelajaran dengan guru
masih menggunakan (metode scientific). Berdasarkan hasil uji homogenitas
diperoleh Fhitung< Ftabel yaitu 1,30 < 1,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua
kelas memiliki tingkat kemampuan kognitif yang sama. Hasil uji normalitas kelas
eksperimen diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1093 ˂ 0,161 dan kelas control diperoleh
L0 ˂ L, yaitu 0,1659 ˂ 0,173 maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas
berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian
diperoleh hitung tabel t  t yaitu 5,318 > 1,666 maka tolak H0 dan terima Ha, sehingga
dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh pendekatan contextual teaching
learning (CTL) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 1
Matangkuli ”.


Detail Information

Penulis
MASYITAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207581
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail