Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU
XMLKetika proses pembelajaran matematika berlangsung, banyak siswa yang
mengalami kesulitan dalam memahami suatu materi. Hal itu dikarenakan
rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course
review horay terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Syamtalira Bayu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu. Dari populasi tersebut diambil sampel secara
acak yaitu diperoleh kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai
kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes yang terdiri dari
pretest dan posttest. Dari data posttest terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat
analisis yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Pada uji homogenitas
menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,20 < 2,09 yang berarti
kedua data homogen. Selanjutnya pada uji normalitas digunakan uji Liliefors,
untuk data kelas eksperimen diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1214 < 0,1832 dan untuk
data kelas kontrol juga diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,0852 < 0,190 maka kedua data
berdistribusi normal. Untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan uji T-Student
(uji-t), pada taraf signifikan 1
2 α = 1
2
(0,05) = 0,025 diperoleh thitung > ttabel yaitu
2,0519 > 2,0211 maka tolak Ho dan terima Ha yang menunjukkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap
pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu.
Detail Information
Penulis |
MAULI DIANA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207580 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|