PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI  DI SMA NEGERI I SYAMTALIRA ARON

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI  DI SMA NEGERI I SYAMTALIRA ARON

XML

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan
strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pair dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas XI IPA
di SMA Negeri 1 Syamtalira Aron.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu: tes, observasi dan
wawancara yang dilakukan atas 2 siklus dengan nilai KKM 75. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas XI IPA
di SMA Negeri 1 Syamtalira Aron sebanyak 23
orang siswa. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah sebagai berikut:
penelitian ini berhasil atau tuntas apabila ≥ 75% siswa memperoleh skor ≥ KKM
dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru maupun siswa berdasarkan hasil
observasi berada pada kategori baik. Secara keseluruhan hasil penelitian
menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Practice
Rehearsal Pair selesai diterapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas XI IPA
di SMA Negeri 1 Syamtalira Aron. Hal ini
dikarenakan beberapa aspek kriteria keefektifan pembelajaran terpenuhi, yaitu
sebagai berikut: (1) Hasil belajar secara klasikal meningkat atau tuntas dengan
persentase 56,52% tingkat I meningkat menjadi 95,65% pada tindakan II. Hal ini
menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pair
dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA
di
SMA Negeri 1 Syamtalira Aron. (2) aktivitas siswa dalam mengikuti
pembelajaran aktif, hal ini terlihat dari perolehan persentase hasil observasi yang
terus mengalami peningkatan, yaitu 84% meningkat menjadi 93% pada
pelaksanaan tindakan II. (3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
berada pada kategori “sangat baik”. Hal ini juga berdasarkan peningkatan
persentase hasil observasi yang terus meningkat, dimana perolehan persentase
pada pelaksanaan tindakan I hanya sebesar 81% menjadi 95% pada tindakan II.
Mengacu pada indikator keberhasilan penelitian, maka secara keseluruhan target
tersebut telah tercapai sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil.


Detail Information

Penulis
FARID FUADI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 13220760
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail