PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMP NEGERI 10 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMP NEGERI 10 LHOKSEUMAWE

XML

Bidang studi matematika merupakan suatu bidang studi yang dianggap sukar
sehingga banyak siswa yang mengalami rendahnya hasil belajar. Rendahnya hasil
belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya pembelajaran
matematika di sekolah masih menggunakan metode konvensional, yaitu guru
lebih mendominasi pembelajaran sedangkan siswa pada saat pembelajaran di
dalam kelas tidak aktif, malu bertanya dan takut mengemukakan pendapat. Selain
itu siswa juga tidak memiliki motivasi dalam belajar matematika. Oleh karena itu,
dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang mampu menjawab semua
permasalahan di atas, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe
Student Teams Achievement Division (STAD). Dengan adanya model
pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar matematika
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
matematika siswa SMP Negeri 10 Lhokseumawe yang diajarkan melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Lhokseumawe. Dengan menggunakan
teknik random sampling class diperoleh dua kelas sampel, yaitu kelas VII-4
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Adapun untuk
memperoleh data langsung dari lapangan, maka peneliti melakukan tes yang
terdiri dari pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan
normalitas data hasil tes dari kedua kelas tersebut, diperoleh bahwa kedua sampel
homogen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada
taraf signifikan   0,05 dengan dk = 39. Dari hasil pengolahan data ternyata
thitung > ttabel yaitu 3,44 > 1,68 sehingga tolak Ho dan terima Ha, maka dapat
disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri
10 Lhokseumawe yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD.


Detail Information

Penulis
NURJANNAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 092203139
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail