ETIKA BISNIS PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI (STUDI TERHADAP KITAB IHYA’ ‘ULUM AL-DIN)

Record Detail

Skripsi

ETIKA BISNIS PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI (STUDI TERHADAP KITAB IHYA’ ‘ULUM AL-DIN)

XML

Etika bisnis Islam merupakan suatu norma yang bersumber dari al-Qur’an dan
Hadits yang dijadikan pedoman untuk bertindak, bersikap, bertingkah laku
serta membedakan antara mana yang baik dan mana yang buruk dalam melakuan
aktivitas bisnis. Untuk memulai dan menjalankan bisnis tentu tidak boleh
lepas dari etika, karena mengimplementasikan etika dalam bisnis akan
mengarahkan kehidupan manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dalam
bentuk memperoleh keuntungan materil dan kebahagiaan akhirat dengan
memperoleh ridha Allah. Dengan demikian antara etika dan bisnis merupakan
dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi
ini adalah bagaimana konsep etika bisnis menurut perspektif Imam Al-Ghazali
dalam kitab ihya’ ‘ulumuddin. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian
kepustakaan, (library research) dimana sumber datanya diperoleh dari penelaahan
terhadap literatur-literatur yang sesuai dengan permasalahan. Peneliti
menggunakan analisis data kualitatif, yaitu data yang tidak bisa diukur atau dinilai
dengan angka secara langsung. Adapun sumber data primer yaitu merupakan
literatur yang dikarang oleh al-Ghazali dalam buku ihya’ ulumuddin. Dan data
sekunder yaitu merupakan data yang diperoleh dari riset kepustakaan dan
dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Hasil dari penelitian
bahwa etika (akhlak) menurut al-ghazali ibarat dari keadaan di dalam jiwa yang
melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan
pertimbangan. Maka apabila keadaan yang dari dalam jiwa itu menimbulkan
perbuatan baik dan terpuji menurut akal dan syara’ maka itu disebut ahklak yang
baik. Dan apabila perbuatan-perbuatan yang muncul dari dalam jiwa itu perbuatan
yang buruk, maka itu disebut ahklak yang buruk. Dalam menjalankan bisnis al- Ghazali menekankan untuk senantiasa berpedoman terhadap etika bisnis yang
Islami yaitu: keseimbangan dunia dan akhirat, kemashlahatan (kesejahteraan
sosial), nilai-nilai kebaikan, jauh dari riba.
Kata kunci: Etika Bisnis menurut Al-ghazali: Telaah Kitab Ihya’ ’Ulum Al-din


Detail Information

Penulis
HIKMATUL FITRI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 131207232
Edition
Language
English
Publisher FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
EKONOMI SYARIAH

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail