PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 1 KUTAMAKMUR

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 1 KUTAMAKMUR

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Missouri
Mathematics Project (MMP) lebih baik dari yang diajarkan dengan menggunakan
pembelajaran konvensional.. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa adalah guru terbiasa memberikan soal-soal
rutin kepada siswa serta model pembelajaran yang kurang efektif yang
menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dimana
data yang diperoleh diuji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data
dilakukan tes yang bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa kelas VII SMPN 1 Kutamakmur pada materi operasi himpunan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1
Kutamakmur, sedangkan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling
class yaitu pengambilan sampel sedemikian sehingga setiap unsur mempunyai
kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Sehingga yang menjadi sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VII/3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII/4
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data hasil
tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan normal,
sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Kelas
eksperimen dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Missouri
Mathematics Project (MMP) dan pada kelas kontrol dilakukan dengan
menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh thitung = 2,23
sedangkan nilai ttabel = 1,68 dengan demikian hitung tabel t  t , yaitu 2,23 > 1,68
dengan   5% yang berarti tolak Ho , yang membuktikan bahwa “Kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Kutamakmur yang diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)
menjadi lebih baik dari pembelajaran konvensional.”


Detail Information

Penulis
EVA MARDIANA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207600
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail