PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG DI KELAS VI SD NEGERI 18 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG DI KELAS VI SD NEGERI 18 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE

XML

Matematika merupakan ilmu dasar yang sangat diperlukan untuk landasan bagi teknologi
dan pengetahuan modern. Disamping itu, Matematika memberikan keterampilan yang
tinggi pada seseorang dalam hal daya abstaksi, analisis permasalahan dan penalaran
logika. Dengan demikian Matematika berfungsi untuk membantu mengkaji alam sekitar
sehingga dapat dikembangkan menjadi teknologi untuk kesejahteraan umat manusia.
Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran matematika membutuhkan keaktifan dan
kreatifitas guru dalam menciptakan situasi dan memilih strategi yang sesuai dengan
keadaan siswa. Berdasarkan pengalaman peneliti yang sekaligus guru di SD Negeri 18
Banda Sakti Kota Lhokseumawe, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam
melakukan proses pembelajaran matematika khususnya kelas VI. Selama ini siswa
sekolah dasar pada umumnya tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggap
sulit. Hal ini disebabkan selama ini guru jarang mengaitkan pentingnya materi yang
diajarkan dengan pengaplikasian dikehidupan sehari-hari. Sehingga siswa masih
beranggapan bahwa pelajaran matematika kurang bermanfaat dalam kehidupan. Selain
dari itu kegiatan yang dilakukan oleh guru di dalam kelas pada saat proses pembelajaran
langsung pada matematika abstrak, artinya langsung menggunakan simbol-simbol abstrak
yang tidak dipahami oleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di atas,
sebagai alternatif dapat diterapkan model pembelajaran berbasis kooperatif. Pembelajaran
kooperatif akan membuat siswa lebih mudah menemukan dan memahami suatu konsep
yang sulit jika mereka berdiskusi dengan temannya. Siswa bekerja dalam sebuah
kelompok untuk saling membantu memecahkan masalah untuk mencapai ketuntasan
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam
menghitung keliling persegi panjang melalui metode Numbered Head Together (NHT),
mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran menghitung keliling
persegi panjang melalui metode Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap
siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan
(action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Alat
pengumpulan data menggunakan instrumen tes, lembar observasi aktivitas dan lembar
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Numbered Head Together
(NHT) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung keliling persegi
panjang yang ditunjukkan dari nilai tes evaluasi siswa pada siklus II. Penerapan metode
Numbered Head Together (NHT) juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada
pembelajaran Matematika materi menghitung keliling persegi panjang yang
ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II. Nilai rata – rata yang
diperoleh siswa pada siklus II meningkat, suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan,
siswa lebih menghargai waktu dan bertanggung jawab terhadap soal yang harus
dikerjakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Penerapan metode Numbered Head
Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung keliling
persegi panjang yang ditunjukkan dari hasil nilai tes evaluasi siswa pada siklus II,
poenerapan metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi menghitung keliling persegi
panjang.


Detail Information

Penulis
MUHAMMAD RASYID - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142208793
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail