PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSS RUHUL ISLAM TANAH LUAS

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSS RUHUL ISLAM TANAH LUAS

XML

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa hal
diantaranya guru masih mengajar secara konvensional yang lebih banyak menulis,
memberikan penjelasan dan contoh-contoh soal. Sedangkan siswa hanya pasif
mengikuti keaktifan guru saja. Selain itu guru lebih banyak memikirkan
bagaimana materi yang ada harus selesai tepat waktu sehingga siswa merasa
bosan ketika belajar. Oleh karena itu penggunaan metode sangat dibutuhkan
dalam proses pembelajaran. Number Head Together (NHT) merupakan salah satu
tipe pembelajaran kooperatif yang dapat dijadikan alternative metode
pembelajaran yang diberikan guru. Dengan pemilihan model ini, diharapkan
pembelajaran yang terjadi dapat lebih bermakna dan memberi kesan yang kuat
kepada siswa.Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka peneliti ingin
melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Strategi Tipe NHT
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Ruhul Islam Tanah
Luas”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
penggunaan strategi tipe NHT terhadap hasil belajar matematika kelas VIII MTsS
Ruhul Islam Tanah Luas. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif
dimana data yang diperoleh diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas VIII MTsS Ruhul Islam Tanah Luas, sedangkan untuk
menentukan sampel dilakukan dengan random sampling class (acak kelas),
sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan
kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh
Fhitung < Ftabel yaitu 1,13 < 1,98 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas
memiliki tingkat kemampuan kognitif yang sama. Hasil uji normalitas kelas
eksperimen diperoleh L0 < Ltabel yaitu 2,2907< 0,1730 dan untuk kelas kontrol
diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,2953 < 0,1730 maka dapat disimpulkan bahwa data
kedua kelas berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil
penelitian diperoleh > yaitu 2,7644>1,6788. maka tolak Ho dan
terima Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Penggunaan
Strategi Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS
Ruhul Islam Tanah Luas”.


Detail Information

Penulis
PUTRI MULYANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 122206748
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail