Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECONNECTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 SYAMTALIRA ARON
XMLHasil belajar merupakan tolak ukur berhasil atau tidaknya seorang subjek didik
dalam menyelesaikan program belajar yang dibebankan kepada siswa, sehingga
terlihat adanya perubahan tingkah laku secara keseluruhan. Rendahnya hasil
belajar siswa diakibatkan oleh banyak siswa yang cenderung menunggu jawaban
dari temannya untuk disalin tanpa mau mencari jawaban sendiri terlebih dulu, hal
ini membuat siswa tidak memahami konsep – konsep dasar matematika dan
cenderung kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Untuk itu guru perlu
meningkatkan keaktifan siswa dengan cara menggunakan strategi belajar
mengajar yang sesuai dan membangkitkan keaktifan siswa, salah satunya
menggunakan metode Reconnecting. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan
kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara statistik. Adapun cara untuk
memperoleh datanya menggunaka tes. Tes tersebut bertujuan untuk melihat hasil
belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Syamtalira Aron. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Syamtalira
Aron, dikarenakan kelas VIII SMP Negeri 3 Syamtalira Aron hanya terdiri dari
dua kelas, maka yang menjadi sampelnya adalah kelas VIII/1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII/2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji homogenitas
dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pengujian normalitas data
tes akhir kelas eksperimen berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian normalitas
data tes akhir kelas kontrol berdistribusi normal. Dari kedua kelas tersebut dapat
disimpulkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Hasil penelitian diperoleh
thitung > ttabel dan diperoleh hasil 4,24 > 1,64 maka berdasarakan kriteria pengujian
hipotesis adalah tolak Ho dan terima Ha, dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa “Hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Syamtalira
Aron melalui penerapan model pembelajaran Reconnecting lebih baik dari pada
pembelajaran Konvensional”.
Detail Information
Penulis |
NUR ISNA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207572 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|